Varian Produk Makin Banyak, AC Merk Aux Bisa Dijadikan Pertimbangan

Harus diakui, banyaknya brand dan produk yang ditawarkan di pasaran saat ini bisa membuat konsumen bingung memilih perangkat Air Conditioner (AC) yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Belum lagi dengan banyaknya istilah-istilah terkait teknis dan spesifikasi yang ada. Bisa saja pilihan langsung jatuh pada penawaran dari penjual atau brand terkenal saja tanpa pikir panjang. Padahal masih banyak pilihan produk seperti AC merk Aux, Gree, Midea dan lain sebagainya yang juga layak dipertimbangkan.

Tips Sederhana dalam Memilih AC yang Kini Semakin Beragam

pixabay.com

Wajar jika Anda merasa bingung lantaran kurang begitu familiar dengan berbagai istilah promosional dan istilah teknis, utamanya yang menyangkut spek. Nah, untuk panduan mudah dalam memilih produk AC berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar belanja AC Anda menjadi semakin mudah. Hal tersebut diantaranya;

Besaran Nilai British Thermal Unit (BTU)

BTU sendiri merupakan satuan energi yang kemudian bisa dirubah ke satuan PK. Dengan memperhatikan besaran nilai BTU dengan perhitungan luas ruanagn yang akan dipasangi AC, maka Anda bisa mendapatkan manfaat optimal dari penggunaan AC dimana ruangan menjadi tidak terlalu dingin atau sebaliknya tidak bisa dingin sama sekali.

Sebagai acuan, Anda bisa memilih produk dengan satuan PK atau BTU untuk luas ruangan sebagai berikut

  • 5PK setara dengan sekitar 5.000 BTU untuk ruangan 10 m2
  • 75PK setara dengan sekitar 7.000 BTU untuk luas ruangan 14 m2
  • 1PK setara sekitar 9.000 BTU untuk ruangan seluas 18 m2
  • 5PK setara sekitar 12.000 BTU untuk ruangan 24 m2
  • 2PK atau sekitar 18.000 BTU untuk 36 m2, dst

Konsumsi Daya

Selain BTU di atas, hal yang juga tak kalah penting untuk diperhitungkan adalah konsumsi daya listrik. Kebutuhan daya dari perangkat AC yang akan dibeli harus sesuai dengan kemampuan daya listrik di rumah. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada AC dan perangkat elektronik lainnya di rumah.

Tingkat Kebisingan

Hal lain yang juga harus diingat adalah bagaimana tigkat kebisingan yang mungkin dihasilkan oleh AC tersebut. Meskipun  terkesan sepele, fitur seperti ini bisa sangat penting agar istirahat Anda bisa lebih optimal. Tak ada salahnya Anda menanyakan kepada penjual apabila fitur ini tidak disebutkan pada spesifikasi produk AC yang Anda incar.

Ketiga hal di atas bisa dikatakan sebagai cara paling sederhana untuk memudahkan Anda memilih AC. Ya, Anda mungkin saja memiliki pertimbangan lain sesuai dengan kebutuhan dan budget. Pertimbangan itu bisa saja datang dari fitur spesifik dari suatu produk, layanan aftersale hingga garansi sparepart dan kompresor, misalnya.

Mengenal Keungulan yang Ditawarkan Produk AC Aux

pixabay.com

Setelah menyimak ketiga tips sederhana di atas, bisa dikatakan hal utama yang harus diperhitungkan adalah perbandingan antara kapasitas AC dengan luas ruangan yang ada. Aux memiliki deretan produk dengan besaran PK yang beragam agar lebih mudah disesuaikan dengan luas ruangan di tempat Anda.

Selain kapasitas beragam, pilihan AC Split dari Aux juga memiliki berbagai fitur lain yang tak bisa dikesampingkan antara lain

Senyap

Fitur operasi senyap alias tidak bising sudah menjadi standar wajib untuk setiap perangkat AC modern. Dengan fitur ini, maka tidak akan ada lagi suara yang mengganggu di dalam ruangan tak peduli siang ataupun malam. Diantara produk AC merk Aux yang memiliki fitur senyap adalah tipe J Smart Series, tipe FMR1, tipe FHR, tipe FFR1, tipe FO, tipe FJ, tipe FC, tipe FA serta tipe DA.

Deep Sleep System

Nda juga tidak perlu lagi terbangun di tengah malam lantaran suhu ruangan yang terlalu dingin atau sebaliknya. Adanya teknologi Deep Sleep System memungkinkan AC Aux dapat mengatur suhu ruangan agar tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

Filter 3in1

Seperti halnya AC modern lainnya saat ini, Aux juga membekali filter anti bakteri pada produknya. AC Aux dilengkapi filter 3in1 yang meliputi Vitamin C, Silver Ion serta Anti-formaldehyde untuk mematikan bakteri sampai 93,8 persen.

Low Watt

Agar dapat dengan mudah disesuaikan dengan kemampuan daya di rumah konsumen, AC Aux pun juga dibuat agar mampu beroperasi pada watt rendah. Produk AC Aux tesebut diantaranya pada tipe FO, tipe SSR-1, tipe SUNR-1 serta tipe FJ. Dengan fitur Low Watt ini, AC tidak memerlukan watt yang terlalu besar dimana rata-rata penggunaan watt ada di kisaran 350 Watt sampai 680 Watt saja.

Selain itu, untuk tipe SG yang merupakan AC inverter disebut bisa bekerja dengan daya sebesar 420 Watt sampai 580 Watt. Pilihan AC inverter ini menjanjikan efisiensi energi sampai 40 persen. Menarik bukan?

Freon yang Lebih Ramah Lingkungan

Sudah sangat jarang atau bahkan tidak ada lagi produsen AC yang menggunakan refrigerant lama yang mengancam ozon. Kini AC mulai menggunakan freon yang ramah lingkungan, termasuk produk-produk Aux yang menggunakan freon R410a.

Gold Fin (Anti-karat)

Karat memang menjadi salah satu masalah utama untuk perangkat rumah tangga dan elektronik. Adanya karat akan membuat kemampuan perangkat elektronik juga berkurang karena keropos.

Selain tak sedap dipandang, tentunya karat juga mendatangkan bahaya tertentu. Dan hal ini sudah disadari oleh para produsen AC sejak lama dengan memberikan lapisan anti-karat pada produk-produk mereka. begitu pula dengan Aux yang memnggunakan lapisan anti-karat khusus bernama Gold Fin.

Fitur Smart

Untuk lebih memudahkan penggunaan, Aux juga melengkapi teknologi produknya dengan fitur smart yang fungsional. Sebut saja tipe J Smart Series yang dilengkapi dengan fitur Smart Sensing, Smart Set-up, Smart Filter, Smart Maintenance hingga Smart Wifi.

Produk-produk AC Aux dipasarkan dengan harga mulai Rp 2.155.000 hingga Rp 26.600.000. Bagaimana, tertarik memiliki salah satu AC dari Aux? Jika ya, jangan lupa untuk melihat harga jual armaflex lembaran untuk memudahkan perhitungan dan instalasi di tempat Anda.

Leave a Reply