Kuliner Hits Ayam Geprek

Saat ini indonsia sedang diserang berbagai kuliner dari negara gingseng yaitu Korea. Ya banyaknya kulineran khas Korea sekarang sudah bisa kamu jumpai denga mudah di berbagai kota besar Indonesia. Seperti halnya Jakarta, dan Jawa. Walaupun begitu banyak pula makanan nusantara yang tetap bertahan dan berkembang mengikuti pasar dunia modern saat ini. salah satunya kuliner ayam,yah kuliner satu ini memang tak pernah habis di makan oleh zaman. Sekarang ini juga sudah banyak sekali variasi makanan ayam yang bisa kamu jumpai di pasaran, ayam penyet, atau ayam dengan di geprek, atau ayam bakar, dan semacamnya.

Berbisnis kuliner seperti ini rasanya tidak akan mudah tergerus oleh perubahan zaman, pasalnya orang- orang akan selalu mencari makanan dengan cita rasa yang tidak asing bagi lidah mereka. Walaupun terkadang mereka juga akan makan variasi makanan lain, namun tetap saja lidah mereka akan selalu merindukan makanan yang lebih sering disantap dan tidak terasa asing bagi lidah mereka. Apalagi ayam adalah salah satu pilihan makanan yang tidak pernah ada kata membonkan. Bahan dasar kuliner satu ini selalu bisa menjadi menu utama yang sempurna bagi masakan nusantara ataupun western.

Salah satu menu olahan ayam yang simple dan praktis adalah digeprek. Cara pengolahannya pun tidak sulit, hanya membutuhkan beberapa bumbu dapur yang biasa kita gunakan untuk membuat sambal. Lalu ayam yang sudah digoreng kering atau digoreng crispy akan digeprek bersamaan dengan sambal yang sudah dibuat. Menu satu ini tentu sangat cocok jika disantap saat makan siang bersama teman kantor ataupun keluarga saat weekend.

pexels.com

Ayam Geprek Dengan Tambahan Sambal Bawang

Ayam memang sudah terasa nikmat jika disantap dengan nasi putih saja, namun akan lebih nikmat juga jika disantap dengan tambahan sambal yang pedas dan semakin menggugah selera makan kita. Salah satu sambal yang bisa kamu coba adalah sambal bawang. Rasa sambal bawang yang pedas dan segar akan terasa nikmat jika disandingkan dengan ayam yang sudah digoreng dengan tepung. Untuk kamu pecinta pedas, kombinasi ayam dengan sambal bawang yang pedas akan sukses membuatmu ketagihan dan menjadikannya menjadi makanan favoritmu.

Selain itu ayam yang sudah digeprek memang semakin memudahkan kita saat makan, sayangnya kualitas makanan ayam yang digeprek ini saat dijajakan di pasaran atau tempat makan menjadi berkurang. Itu karena pedagang cenderung memeberikan sambal yang terlalu sedikit dan tidak terlalu berasa pedas saat dimakan. tentu sensasi makan pedas pun semakin berkurang dan kurang terasa nikmat. Ide- ide masak lain bisa coba kamu cari di https://sarahjanebedwell.com/. Disitu kamu bisa menemukan berbagai ide untuk masak- masak menu harianmu bersama keluarga.

Untuk ibu- ibu rumah tangga, makanan olahan dari ayam ini praktis, jadi bisa dicoba untuk menu makan siang bersama keluarga saat weekend. Dengan tambahan tempe dan tahu goreng atau condiment lain pasti rasanya akan semakin mantap dan sangat menggoda. Di tambah lagi dengan lalapan timun atau penyegar seperti sayuran kubis dan kemangi. Nah untuk ana- anak kamu bisa membuatkan sambel sendiri yang sesuai dengan tingkat kepedasan anak- anak. Sambal tomat misalnya, sambal ini rasanya cocok untuk digeprek bersama dengan ayam yang sudah digoreng matang.

pexels.com

Resep praktis Ayam Geprek Tanpa Ribet

Jika membeli di luar nyatanya kurang mantap, tentu kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Resepnya juga tidak sulit, paktis dan tidak ribet. Pertama kamu bisa membeli ayam yang sudah dipotong dari pasar. Pastikan ayam tersebut masih segar ya, bedakan warna ayam jika pucat dan kelihatan membiru ayam tersebut sudah tidak segar, selanjutnya siapkan dua tempat untuk memisahkan tepung basah dan tepung kering. Celupan pertama adalah tepung basah, tepung yang sudah dicampurkan dengan air.

Sebelum mencelupkan ayam dalam tepung basah, kau bisa marinasi dulu ayam tersebut, dengan campuran lada dan garam secukupnya yang direndam dalam air. Tunggu kurang lebih minimal 2 jam dan maksimal 24 jam. Maka bumbu tersebut akan meresap sempurna dalam ayam. Kemudian kamu bisa memulai mencelupkan ayam dalam celupan tepung basah, kemudian dalam tepung kering. Ulangi langkah tersebut selama 2 sampai 3 kali sampai ayam benar- benar terbaluri sempurna dengan tepung kering.

Siapkan minyak panas sedang kemudian mulai goreng ayam, nah saat proses goreng kamu cukup pakai api kecil saja agar kematangan ayam sempurna. Setelah ayam digoreng dengan sempurna sisihkan kemudian mulai membuat sambalnya. Jika ingin yang pedas kamu bisa menggunakan sambal bawang metah ataupun sambal bawang matang. Siapkan cabai rawit sejumlah yang diinginkan, bawang merah, bawang putih sedikt saja, bagi yang tidak suka bawang putih tidak pakai tidak apa- apa. Kemudian garam. Uleg kasar bumbu- bumbu tersebut, jangan halus- halus karena pedasnya tidak akan terlalu terasa. Setelah itu kamu bisa menuangkan sedikit saja minyak sisa bekas penggorengan ayam tadi dalam saus dan uleg lagi sebentar.  Langkah terakhir geprek ayam bersama dengan sambal tadi, kemudian sajikan dengan sepiring nasi putih hangat. Silahkan dicoba ya.

 

Leave a Reply