Bibit Durian Bawor

Jika Thailand memiliki durian montong, Indonesia memiliki durian bawor. Jenis durian khas dari daerah Banyumas ini merupakan perpaduan dari berbagai varietas durian. Ciri-ciri durian bawor adalah bagian akarnya yang bercabang. Durian bawor mulai berbuah di usia 3 tahun dan dapat panen sebanyak 3 kali dalam setahun.

Jumlah kaki durian bawor bermacam-macam mulai dari 2, 3 hingga 4 tergantung berapa varietas yang disilangkan. Rata-rata berat buah durian bawor per buahnya adalah 3 kilogram. Nilai buah durian bawor cukup ekonomis karena umumnya dihargai 50 ribu rupiah per kilogramnya. Karena itulah bagi Anda yang ingin menanam durian, bibit durian bawor dapat dijadikan pilihan.

Tips Memilih Bibit Durian Bawor

Memilih bibit durian bawor untuk ditanam tidak dapat dilakukan secara asal. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti umur bibit, kondisi batang dan jumlah daun yang terdapat pada bibit durian. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah umur bibit durian. Bibit durian bawor yang siap tanam adalah bibit durian yang setidaknya telah berumur 6 bulan.

Umumnya setelah berumur 6 bulan, bibit durian bawor sudah siap tanam denganpersambungan batang yang telah berjarak 10 cm. Apabila persambungan batangnya belum mencapai 10 cm, maka sebaiknya jangan ditanam karena keberhasilannya belum terjamin sepenuhnya. Selain melilhat persambungan batangnya, Anda juga dapat melihat dari diameter batang yang telah mencapai 1 cm.

Bibit durian bawor yang bagus memiliki batang yang lurus karena batang yang lurus tersebut menandakan keberhasilan dalam proses penyambungan maupun okulasi yang dilakukan pada bibit durian. Keberhasilan penyambungan dan okulasi yang dilakukan akan sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman durian karena berkaitan dengan penyaluran nutrisi.

Bibit durian bawor yang dipilih sebaiknya memiliki daun yang rimbun, yaitu sekitar 8 hingga 10 helai daun agar mampu menopang pertumbuhan tanaman durian di lapang dengan baik. Apabila jumlah daunnya belum mencapai 8 helai, maka sebaiknya pilih bibit lain. Pastikan juga daunnya tumbuh sehat dan tidak berlubang.

 

Leave a Reply