Mengenal Arti Warna Biru Muda Dan Kombinasi Warnanya

Dalam kehidupan sehari-hari, warna biru muda pasti sudah sangat akrab kita dengar. Bahkan dalam penerapannya, warna ini sangat mudah ditemukan dalam bentuk apapun baik pada desain grafis, interior rumah hingga trend di dunia fashion.

Warna biru sendiri merupakan salah satu warna paling populer di dunia yang kerap kali dijadikan warna favorit oleh banyak orang. Tidak mengherankan, mengingat warna ini memang dianggap memiliki kaitan yang sangat erat dengan kehidupan. Di mana warna biru sangat identik dengan langit, laut dan benda-benda di sekitar kita.

Arti Warna Biru Muda

Pada dasarnya, warna ini masih tergolong dalam variasi atau turunan warna dari biru. Seperti yang kita ketahui, biru memang hadir dengan banyak sekali ragam jenis warna yang mirip tapi berbeda-beda. Di mana warna-warna tersebut dibedakan berdasarkan gradasi dan tingkat kecerahan pada masing-masing warna. Sementara warna biru muda sendiri merupakan jenis atau golongan warna biru yang cerah.

Biru adalah warna yang tenang dan penuh intelektual serta melambangkan nilai-nilai yang positif. Warna biru cerah atau muda biasanya diartikan sebagai sebuah kejernihan pikiran dan komunikasi. Hal ini karena warna variasi biru ini dapat membantu untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan daya konsentrasi. Sehingga mendorong untuk dapat berpikir jernih dan tepat dalam mengambil keputusan.

pxhere.com

Dari segi pandang psikologi warna, biru ini akan menenangkan emosi, mengembalikan semangat dan meningkatkan lagi energi yang ada pada diri seseorang. Selain itu, warna ini juga mewakili kebebasan, imajinasi, inspirasi dan sensitivitas. Karena itulah warna biru ini dapat bermanfaat bagi bisnis yang berhubungan dengan komunikasi. Termasuk guru, pelatih, pembicara, media komunikasi dan teknologi komputer.

Penggunaan warna biru seringkali dikaitkan dengan kecerdasan, tanggung jawab dan kepercayaan yang mengarah kepada profesionalisme. Warna ini disukai secara umum karena memberikan kesan yang kalem dan menenangkan. Namun berbeda halnya jika sudah dikombinasikan dengan biru lainnya seperti blue navy, blue aesthetic atau biru yang cemerlang maka kesannya akan sedikit lebih dinamis.

Meski memiliki efek positif dalam pengendalian dan kestabilan emosi, terlalu banyak menggunakan warna ini dapat memunculkan keraguan. Sehingga dibutuhkan paduan warna yang lain sebagai penyeimbang.

pxhere.com

Kombinasi Warna Yang Cocok Dengan Biru Muda

Sejatinya, mengkombinasikan atau memadu-padankan warna bisa dilakukan tanpa ada batasan. Anda juga bisa bebas menentukan warna tanpa perlu memperhatikan aturan. Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa tidak semua kombinasi warna akan memberi hasil yang bagus. Ada yang hasil akhirnya cocok dan menciptakan suasana baru, tetapi ada juga yang justru bertabrakan dan terkesan berseberangan.

Untuk warna biru ini sendiri, ada beberapa warna yang dinilai cocok dikombinasikan. Seperti putih, hitam, pink, abu-abu muda, khaki, biru navy, merah gelap, hijau, tosca dan lain-lain. Perpaduan dari kombinasi warna ini dapat menghadirkan kesan baru yang dapat diaplikasikan pada beragam jenis desain.

Inspirasi Padupadan Warna Biru Muda Pada Penampilan

Pada penampilan, warna ini dapat memberikan kesan tenang dengan warna yang tidak terlalu mencolok dan lebih soft. Sangat cocok untuk menampilkan kesan dingin namun elegan pada penampilan. Nah, berikut beberapa inspirasi warna yang cocok dipadukan dengan warna biru yang bisa Anda coba pada penampilan:

  1. Abu-Abu Muda

Memiliki tone yang serupa, kedua warna ini dapat dipadukan untuk membuat penampilan yang terkesan simple. Cocok bagi Anda yang ingin cari aman dengan penampilan namun tidak ingin terlihat monoton. Karena kedua warna ini dapat menyeimbangkan satu sama lain.

pxhere.com
  1. Putih

Putih merupakan warna netral yang bisa dipadupadankan dengan warna-warna yang lain. Ketika biru dipadukan dengan putih maka dapat membuat tampilan lebih fresh dan eksklusif. Baik putih cemerlang atau putih gading, perpaduan ini terlihat sangat serasi dengan gaya apapun.

  1. Pink

Kombinasi warna biru dan pink kerap menjadi favorit untuk style fashion wanita dengan warnanya yang cerah. Warna-warna ini akan memberikan kesan manis dan cheerful pada siapapun yang mengenakannya. Jika ingin penampilan dapat terlihat lebih soft, gunakan warna pink salem yang lembut.

  1. Hitam

Memadukan sedikit gaya bold dengan menggunakan warna hitam juga bisa jadi pilhan. Pasalnya hitam cenderung cocok dipasangkan dengan warna apapun termasuk biru, jadi tidak perlu bingung-bingung memadukannya.

  1. Coklat Muda

Warna khaki atau coklat muda yang dikombinasikan dengan biru akan membuat penampilan terkesan lebih manis. Coklat muda yang terlihat natural ditambah warna biru yang fresh dapat memberikan kesan energik.

Selain padupadan warna biru muda diatas, Anda juga bisa mencoba kombinasi lainnya. Tergantung dengan Anda yang ingin tampil dengan gaya feminim, sport atau elegan.

Leave a Reply