Apakah Kriteria Penilaian Burung Murai Agar Menang Kontes?

Burung Kicau adalah burung yang banyak disukai, karena suaranya yang merdu. Dari banyaknya jenis burung kicau yang ada di Indonesia, Burung Murai adalah burung yang banyak dicari. Burung ini memiliki ciri khas unik dengan tiga warna berbeda pada tubuhnya. Setiap warna terletak pada bagian tubuh yang berbeda, sehingga memberikan perpaduan warna yang unik dan indah.

Sayangnya, dalam perlombaan bukan warna yang menjadi pilihan utama, melainkan suara dan kriteria lainnya. Hal inilah yang perlu diketahui untuk dapat memenangkan lomba. Sudahkah anda mengetahui  kriteria-kriteria yang dimaksud? Jika belum, lanjutkan pembacaan pada bagian berikutnya dan temukan jawaban lengkap, serta bersiaplah menjadi juara.

5 Fakta Menarik Tentang Burung Murai

Saat akan memelihara Murai, penting untuk memahami fakta-fakta yang dimilikki. Sudahkah anda memahami fakta-fakta terkait Murai? Jika belum, simak informasinya dibawah ini,

Burung Petarung

Murai adalah burung yang dikenal sebagai burung yang pemberani. Namun, burung ini juga dikenal sebagai burung yang mudah tersinggung. Murai yang mendengar kicauan dari brung lain, akan muda tersulut dan mengikuti suara burung tersebut. Dari sinilah akan nampak bahwa Murai termasuk burung petarung dengan membusungkan dada dan mengangkat ekornya.

rgbstock.com

Mudah Jinak

Berbeda dengan burung kicau lainnya, Murai adalah burung yang cukup mudah jinak. Hal ini karena Murai cepat beradaptasi dengan tempat tinggalnya yang baru. Namun sebagai perkenalan, anda harus memperkenalkan burung dengan menyentuh dan memberi makan pada burung. Hal ini pula yang menyebabkan Murai banyak diburu di pasaran.

Warna yang Khas

Murai merupakan burung yang memiliki ciri khas warna pada tubuhnya. Setidaknya terdapat tiga warna pada setiap burung. Pada bagian tubuh memiliki warna hitam, sedangkan bagian badan bawah memiliki warna merah hingga jingga. Serta bagian kepala memiliki warna biru yang indah. Saat burung ini mengangkat ekornya, akan semakin menunjukkan keindahan yang luar biasa.

Murai Batu Medan

Murai Batu Medan adalah jenis murai yang paling diburu oleh pecinta burung. Suara burung ini dinilai lebih merdu dibandingkan murai jenis lainnya. Tidak hanya suara, hewan ini memiliki tubuh yang lebih indah dengan ekor yang cukup panjang. Sayangnya, jika ingin memilikinya dibutuhkan dana cukup besar untuk membawanya pulang.

Meniru Burung Lain

Karena sangat cepat emosi, Murai adalah burung yang cukup lucu. Di mana, hewan ini dapat menirukan suara burung lain yang ia dengar. Suara murai bahkan lebih lantang dibandingkan suara burung yang tirunya. Karenanya, burung ini selalu unggul dibandingkan burung lain yang mengikuti konters yang sama.

Dari semua fakta ini, usahakan untuk memperhatikan kesehatan burung. Karena burung yang sehat adalah salah satu kriteria untuk memenangkan kontes. Untuk lebih lanjut tentang kriteria penilaian dalam konters, lanjutkan pembacaan pada bagian berikutnya.

pixabay.com

5 Kriteria Penilaian dalam Kontes Burung Murai

Anda yang tertarik mengikuti lomba atau kontes Murai, dapat menyimak beberapa kriteria dibawah ini. Sudahkah semua kriteria terpenuhi? Berikut ulasannya,

Kriteria Penilaian dengan Gaya

Satu nilai tambahan yang tidak banyak dipahami oleh peserta. Di mana, terdapat gaya yang dapat menjadi nilai tambahan dari juri. Gaya yang dimaksud adalah bagaimana Murai bertenaga selama mengeluarkan kicauannya. Contohnya, pola kepala yang bergerak ataupun ekor yang naik turun selama berkicau. Hal ini juga dapat ditambahkan dengan melompat diantara tenggeran.

Fisik

Rupanya fisik burung menjadi salah satu kriteria penilaian dalam kontes. Jika tidak memperhatikan hal ini, sebaiknya mulai perbaiki fisik burung yang dimilikki. Dalam hal ini, penilaia fisik meliputi bagian bulu, mata hingga kaki. Hal ini biasanya dijadikan pertimbangan, saat terdapat dua burung yang memiliki nilai yang sama.

Irama Lagu

Kriteria utama dalam penilaian kontes rupanya irama lagu yang dimainkan oleh burung. Penilaian untuk irama lagu mencapai 40% besarnya. Irama yang berdinamika akan semakin menunjukkan bahwa burung lebih unggul dibandingkan burung-burung lainnya. Untuk mendukung kemampuan burung dalam berkicau bisa mendapatkan informasinya melalui pengicau.net.

rgbstock.com

Volume

Berikutnya, hal yang perlu diperhatikan adalah volume yang akan dikeluarkan oleh burung. Volume yang keras dan nyaring menjadi salah satu alasan mengapa Murai dapat menang dalam perlombaan. Suara yang biasa menembus hingga suara dari burung-burung lainnya, dapat menjadikan burung juara. Poin penilaian dari kriteria ini mencapai 20%.

Kestabilan Suara

Terakhir, perhatikanlah kestabilan suara dari burung. Penilaian ini sama dengan volume di mana mencapai 20%. Kualitas kicauan ditandai dengan variasi bunyi yang dikeluarkan oleh burung. Pada bagian awal dimulai dengan digantang hingga akhirnya penilaian dinyatakan selesai oleh juri. Semakin lama kestabilan suara yang dikeluarkan Murai, maka semakin besar nilai yang didapat.

Sudah bersiap untuk mengikuti lomba? Ada baiknya siapkan berbagai persiapan untuk membantu kesehatan burung Murai. Untuk lebih lanjut tentang cara perawatan agar Murai lebih gacor dan sehat, dapat dicari tahu melaui pengicau.net. Karena di sana, tersedia berbagai informasi terkait Murai dan burung-burung pengicau lainnya. Serta, cara perawatannya agar berkicau dengan maksimal.

Leave a Reply