Cara Hemat Membelanjakan Uang Jajan Tanpa Kesulitan

Seorang anak yang masih sekolah atau belum bekerja masih memerlukan uang jajan dari orang tuanya untuk memenuhi kebutuhan atau sekedar untuk jajan. Bahkan orang yang sudah dewasa pun terkadang masih mendapat uang jajan dari orang tuanya sebagai bentuk tanggungjawab dari orang tua terhadap anaknya.

Kata uang jajan sendiri merupakan istilah yang dipakai karena biasanya anak kecil meminta uang pada orang tuanya untuk membeli jajan seperti snack. Namun, uang jajan sudah menjadi istilah uang biasa bukan hanya untuk anak kecil. Jumlah uang jajan yang diperoleh anak kecil pasti bereda dengan anak remaja bahkan orang dewasa yang masih menerima uang jajan. Anak kecil mendapat jumlah yang lebih sedikit karena mereka hanya butuh untuk membeli makanan keci.

Bagi remaja seperti anak SMP atau SMA tentunya jumlah nya lebih besar. Karena mereka memerlukan uang untuk keperluan sekolah juga. Bagi orang dewasa yang masih kuliah atau bahkan yang sudah bekerja, orang tua mereka masih memberi uang jajan yang jumlahnya cukup untuk mereka hidup selama beberapa waktu. Menghemat uang jajan sangat penting bagi semua orang. Cara hemat dalam membelanjakan uang jajan sebaiknya diterapkan sejak dini agar ketika sudah dewasa mereka terbiasa berhemat dan bisa menabung sendiri.

Cara hemat membelanjakan uang jajan untuk semua orang

pixabay.com

Uang jajan dapat menjadi harta berharga dan perlu dihemat agar tidak cepat habis begitu saja. Berikut ini adalah cara hemat membelanjakan uang jajan anda.

  1. Sarapan di rumah itu wajib

Sarapan menjadi kegiatan awal untuk memulai beraktivitas. Usahakan selalu sarapan di rumah agar anda tidak merasa lapar kembali setelah di sekolah atau bekerja. Dengan sarapan selain menjadikan badan lebih sehat juga menjadi salah satu cara hemat membelanjakan uang jajan. Karena dengan sarapan anda dapat mengurangi jajan diluar. Anda jadi lebih hemat dalam menggunakan uang jajan.

  1. Membawa bekal dari rumah

Setelah sarapan di rumah anda juga dapat membawa bekal berupa makan siang atau cemilan-cemilan sehat yang dapat anda makan di sekolah atau di tempat kerja. Bekal yang anda bawa dapat berupa makan siang atau cemilan seperti buah atau roti yang dijamin keamanannya dibanding anda membeli makanan di luar. Langkah ini dapat digunakan sebagai cara hemat membelanjakan uang jajan agar tidak boros.

  1. Memilih barang-barang murah

Saat ini sudah banyak penjual yang menyediakan berbagai barang yang berkualitas tetapi menawarkan harga yang murah. Hal tersebut dapat diterapkan ketika anda membeli pulsa. Banyak counter yang menawarkan harga-harga pulsa yang berbeda. Biasanya ada counter yang menjual pulsa dengan harga lebih murah dari counter lain. Karena pemilk counter mungkin membelinya di web penyedia pulsa murah seperti metroreloadindonesia.com. Jika anda membeli pulsa dengan harga yang murah tentu saja anda akan menghemat uang jajan anda.

pixabay.com
  1. Kurangi jumlah uang jajan yang dibawa

Cara hemat membelanjakan uang jajan anda seanjutnya adalah menguragi jumlah yang yang dibawa. Uang yang terbatas dapat membuat anda lebih selektif ketika akan menggunakan uang jajan. Anda akan lebih memilih membeli sesuatu yang memang anda butuhkan dibanding hal lain yang tidak penting dan tentu saja yang harganya cukup dengan uang yang anda bawa.

  1. Jangan mudah tertarik dengan diskon atau promo

Tidak terpungkiri bahwa toko atau tempat belanja menawarkan berbagai diskon atau promo untuk menarik perhatian pengunjung. Jika anda sedang berjalan di berbagai tempat belanja atau toko dan melihat ada promo sebaiknya anda pertimbangkan kembali apakah anda akan membelinya atau tidak. Anda juga harus pertimbangkan tingkat kepentingan dari barang tersebut. Jangan dengan mudah membeli sesuatu tanpa pertimbangan matang. Hal tersebut salah satu cara hemat membelanjakan uang anda agar tidak terlalu boros.

  1. Jangan mengikuti teman

Anda yang memiliki banyak teman harus lebih selektif lagi dalam mengikuti kebiasaan mereka. Banyak dari teman anda yang mungkin memiliki uang jajan yang lebih banyak dari anda sehingga dapat membeli ini itu dengan mudah. Anda jangan mudah untuk mengikuti teman anda terutama ketika teman anda membeli sesuatu yang mahal. Belilah sesuai dengan kemampuan anda terutama untuk menghemat uang jajan. Cara hemat membelanjakan uang jajan sejatinya harus berawal dari dalam diri anda. Jika anda masih mudah tergiur maka anda tidak dapat berhemat.

Cara hemat membelanjakan uang jajan selalu menguntungkan karena mengedepankan sikap hemat di kehidupan sehari-hari. Jika anda menerapkannya sedari kecil maka ketika sudah dewasa tanpa disadari dapat menjadi suatu kebiasaan positif.

Orang tua anda tidak selalu memberi uang jajan kepada anda. Ada saatnya anda mencari uang sendiri untuk memenuhi kehidupan anda sendiri. Dan saat itu tiba pasti anda dituntut hemat agar dapat mengurangi pengeluaran kita dan bisa menabung. Jadi coba terapkan hidup hemat dikehidupan anda mulai sekarang!!

Leave a Reply