Sudah Tau Cara Membuat Power Point Menarik ? Simak Disini

Memasuki era serba canggih, membuat presentasi semakin mudah dengan kehadiran power point. Dengan berbagai fitur yang diberikan, menjadikan persentasi tampil lebih menarik dari biasanya.

Terlihat simpel namun berbobot, menjadi alasan pembicara harus membuat lembar persentasi tampak menarik. Berbagai fitur telah disediakan, membantu anda mempersentasikan materi. Namun bagaimana cara membuat power point menarik perhatian ?

Cara Mudah Menarik Perhatian Audien

pixabay.com
  1. Berikan Pembuka yang Unik

Seperti ketika akan membeli buku, sebelum melihat isinya anda hanya bisa melihat sampul depannya dengan sinopsis di belakangnya. Jika sampul sudah terlihat tidak menarik, siapa yang ingin membelinya ?

Hal ini juga berlaku ketika membuat persentasi menggunakan software canggih. Apabila anda tidak memiliki tampilan unik sebagai kesan pertama, maka siapa yang ingin mendengarkan materi yang ingin disampaikan.

Kesempatan untuk merebut perhatian audiens, berawal dari slide pembuka. Ketika slide pertama sudah terlihat menarik, audiens akan menyiapkan dirinya untuk mendengarkan materi yang akan disampaikan.

Tampil beda tidaklah salah, justru terlihat unik untuk dilihat. Jika memungkinkan, berilah desain dengan berbagai fitur lainnya untuk mengundang rasa penasaran terhadap isi materi yang akan disampaikan.

  1.  Tampilkan Visual Menarik

Jika dilihat dari namanya, software satu ini berfungsi untuk menampilkan materi berdasarkan garis besar suatu materi. Sajikan berdasarkan poin penting saja, membuatnya terlihat simpel.

Dari beberapa poin yang tersedia, audiens mengerti materi apa yang hendak disampaikan. Sajian poin membantu pembicara, untuk fokus menyampaikan materi sesuai  alurnya. Salah satu cara membuat power point menarik, yaitu dengan memberikan visual menarik.

Menyajikan persentasi tanpa adanya gambar, serasa ada bagain hilang yang harus segera dipenuhi. Sebagai alat komunikasi visual, lembar kerja power poin harus diberikan sedikit visual untuk mempercantik tampilannya.

Tidak hanya sebagai pemanis lembar kerja, tambahan visual dapat memperjelas materi yang tengah disampaikan. Bahkan menurut psikologi, adanya visual di tengah tulisan mampu menarik perhatian bagi yang memandangnya.

Gunakanlah gambar, animasi, audio, video, diagram, dan lainnya untuk membantu audiens memahami materi. Dengan bantuan visual tersebut, tampilan slide tidak akan membosankan.

Gambar yang digunakan, juga mampu menarik perhatian hingga memancing rasa ingin tahu. Bosan dengan tampilan slide yang mainstream ? Tambahkan saja gambar bergerak seperti gift. Dengan cara ini, audiens tidak akan bosan ketika memperhatikan materi yang diberikan.

  1. Tampilkan Perpaduan Warna

Tampil beda dengan pilihan warna menarik, merupakan salah satu cara membuat power point menarik sekaligus mengundang rasa penasaran. Jangan terpaku dengan warna mainstream, karena Microsoft menghadirkan berbagai warna cantik lain untuk memperindah tampilan slide.

Tidak hanya berkisar pada warna solid, namun tersedia pula varian warna lain yang siap memanjakan mata.

Mempersentasikan informasi penting, tidak melulu menggunakan warna hitam. Gantilah dengan warna yang mampu menciptakan keharmonisan, namun tetap profesional.

Jika memungkinkan, gunakan warna yang bisa dibaca mudah ketika menggunakan background berwarna. Apabila pemberian warna font dan background tidak harmonis, maka tampilan persentasi berbalik menyakiti mata.

  1. Pemilihan Font Tepat

Berbicara mengenai persentasi, berarti adanya komunikasi yang terjalin antara pembicara dan audiens. Karena melibatkan dua sisi berbeda, maka perlu mempertimbangkan berbagai aspek.

Salah satunya adalah mempertimbangkan penggunaan font pada dokumen presentasi. Microsoft mengerti akan kebutuhan tersebut, sehingga dimunculkan beragam varian font yang bisa dipilih. Dianjurkan untuk menggunakan font yang mudah dibaca namun tetap

Persentasi merupakan kegiatan menginformasikan suatu hal kepada audiennya. Karena diperuntuntukkan bagi audiens, pastikan bahwa teks yang digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Terutama ketika audience yang datang cukup banyak, cara membuat power point menarik adalah mengunakan font berukuran lebih besar. Tujuannya agar audiens yang duduk di bagiuan belakang, masih bisa membaca materi yang ada.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pemilihan font tepat. Microsoft memahami akan kebutuhan konsumennya. Dengan menyediakan banyak pilihan, penggunanya bisa memilih font sesuai kebutuhan.

Sebagai pembicara dalam  presentasi, anda bisa menggunakan varian font agar slide tampil unik. Namun ada baiknya tidak menggunakan font secara berlebihan, agar tetap terlihat profesional. Gunakan free powerpoint template, agar tampilan lebih menarik.

pixabay.com
  1. Tambahkan Gambar Bergambar Bergerak

Bosan  dengan tampilan slide biasa ? Bagaimana jika ditambahkan dengan gambar bergerak. Dengan adanya animasi ini, lembar persentasi akan semakin menarik. Gambar bergerak menjadi semakin menarik, apabila disisipkan diantara tulisan.

Disaat audiens bosan dengan tulisan, gambar bergerak bisa menjadi menyegarkan mata. Sebab, terlalu banyak melihat tulisan, membuat mata merasa bosan sebelum materi selesai disampaikan.

  1. Berikan Animasi Pada Tulisan

Memberikan efek animasi, merupakan salah satu cara membuat power point menarik. Sebab mata akan tertarik dengan benda bergerak di tengah objek yang diam. Efek animasi tersebut, bisa anda temukan dalam menu power poin.

Disana sudah disediakan beragam efek animasi yang bisa dipilih. Mulai dari efek animasi yang seakan keluar dari slide persentasi, ataupun efek animasi yang membuat objek seakan muncul pada slide persentasi.

Microsoft membuat efek animasi menjadi 3 bagian, dimana setiap bagiannya memiliki efek berbeda. Agar lebih mudah membedakannya, efek animasi tersebut diberikan warna berbeda.

Untuk mengetahui letak perbedaannya, anda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Gunakan efek animasi sesuai dengan kebutuhan, agar hasilnya tidak terlihat norak akibat pemilihan efek yang kurang tepat.

  1. Berikan Warna Berbeda

Warna dapat berperan penting untuk menarik perhatian audien. Namun anda juga perlu memperhatikan tingkat keharmonisan warna yang digakan.

Perpaduan warna yang pas membuat tampilan slide persentasi terlihat unik, dengan mempertahankan nilai porfesionalnya. Anda bisa memberikan warna berbeda pada setiap layoutnya. Perbedaan warna tersebut, ditujukan untuk menciptakan perbedaan ataupun perbandingan.

Cara membuat power point menarik, adalah menggunakan warna berbeda.  Ketika melakukannya, anda diharuskan untuk mengatur tingkat kontras warna yang digunakan.

Perbedaan memang menarik, asalkan satu warna dengan elemen lainnya terlihat kontras. Untuk menghasilkan kesan kontras, anda bisa membedakannya melalui ukuran, warna, atau memberikan tampilan berbeda.

Tujuan dari persentasi adalah berikan informasi kepada audiennya. Apabila materi dapat dicerna dengan mudah, maka persentasi  berhasil dilakukan. Agar kesuksesan didapatkan, perlu beberapa trik yang harus dilakukan.

Salah  satunya dengan menyiapkan dokumen persentasi menggunakan power point. Dengan beragam fitur yang ada, membuat persentasi menjadi lebih unik dan mudah dipahami oleh audiennnya. Dengan kecangihan yang ada, persentasi bisa dilakukan dengan mudah.

Leave a Reply