Cara Menikmati Keindahan Sungai Mahakam

Sungai Mahakam adalah sungai terpanjang kedua di Indonesia. Sungai ini berada di Provinsi Kalimantan Timur. Luas sungai ini mencapai 149.277 km persegi dengan panjangnya mencapai 920 kilometer. Kabupaten Kutai Barat menjadi bagian dari hulu sungai ini dan Kota Samarinda menjadi hilirnya.

Terdapat lima anak sungai yang ada di Sungai terpanjang kedua di indonesia ini. Lima anak sungai tersebut antara lain adalah Sungai Belayan, Sungai Kedang Kepala, Sungai Tenggarong, Sungai Lawa dan Sungai Telen.

Sungai ini juga menjadi pemasok utama air untuk 76 danau yang tersebar di sepanjang dari sungai ini. Di sungai ini, terdapat lebih dari 345 spesies fauna yang hidup di dalamnya. Beberapa spesies tergolong langka dan hampir punah seperti ikan mamalia air tawar asli sungai Mahakam yaitu Pesut Mahakam.

Cara Menikmati Keindahan Sungai Mahakam

 

Menikmati Panorama Senja

Salah satu yang menjadi daya tarik para wisatawan ketika datang ke sungai ini adalah panorama senjanya yang indah. Siluet jingga di ufuk barat membuat banyak orang betah berlama-lama di pinggiran sungai. Bisa juga kamu menikmati senja di rumah makan yang berada di sekitar area sungai tersebut.

Melihat Pesut Mahakam

Daya tarik lain dari sungai ini adalah spesies langka yang hampir punah yaitu Pesut Mahakam. Pesut Mahakam memiliki nama Latin Orcaella brevirostris. Menurut penelitian, hewan ini hanya tersisa 80 spesies saja yang hidup di perairan Kalimantan. Memang hewan ini jarang muncul ke permukaan. Tapi jika kamu beruntung, mungkin akan menemui spesies yang langka ini.

Objek wisata di Sungai Mahakam

Ada beberapa destinasi di dekat sungai ini yang bisa sekalian kamu singgahi. Beberapa destinasi wisata tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Taman Samarendah
  2. Kapal Wisata Pesut Etam
  3. Taman Tepian Mahakam Samarinda
  4. East Kalimantan Center
  5. Kutai National Park Outfitter : Degigant Tour
  6. Jessica Water Park
  7. Taman Lampion Mahakam

Nah, itulah sekilas mengenai Sungai Mahakam di Kalimantan Timur. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply