Bingung Cara Screen Shoot di Laptop? Ini Tutorialnya

Melakukan kegiatan penulisan maupun pengetikan di laptop, kadangkala membutuhkan untuk menangkap layar (screen shoot) untuk kebutuhan tertentu. Bisa jadi Anda yang sudah lama menggunakan laptop namun masih asing dengan fungsi ini. Pada dasarnya fungsi menangkap layar sudah selalu ada dibawaan laptop. Mulai dari hardware sampai hingga software-nya. Namun, kadang kita tidak menyadarinya

Cara screen shoot di laptop ini ada berbagai macam. Mulai dari memanfaatkan fitur bawaan hingga menggunakan aplikasi-aplikasi yang disediakan di dunia maya. Tentunya, untuk aplikasi tertentu ada yang mewajibkan kita mengunduh terlebih dahulu baru kemudian dapat menggunakannya. Pada poin berikut akan kami bahas tentang aplikasi-aplikasi cara screen shoot di laptop yang dapat Anda pilih.

pxhere.com

Aplikasi-aplikasi cara screen shoot di laptop

Di era teknologi yang serba canggih dan instan saat ini, tentunya akan banyak bertebaran aplikasi-aplikasi yang memudahkan manusia untuk melakukan pekerjaan. Salah satunya adalah aplikasi-aplikasi yang berisi tentang cara screen shoot di laptop maupun PC.

  1. PicPick

Picpick merupakan aplikasi screen shoot di laptop yang bisa Anda pilih. Tersedia pembayaran dalam aplikasi, sehingga jika Anda membutuhkan untuk keperluan bisnis, maka Anda dapat melakukan pembelian. Namun, jika kebutuhan menangkap gambar hanya untuk pribadi, Anda dapat memilih personal. Selain dapat menangkap gambar, aplikasi PicPick ini juga dapat melakukan pengeditan sebelum menyimpannya.

pxhere.com
  1. Lightshot

Salah satu aplikasi yang tidak berbayar untuk kebutuhan penangkapan gambar adalah Lightshot. Lightshot merupakan aplikasi screen shot yang mudah digunakan. Selain itu, kapasitas aplikasi ini juga tidak besar, hanya 4 MB. Sehingga tidak membuat laptop terasa berat. Selain itu, aplikasi ini cocok untuk hampir semua Windows, mulai dari Windows XP bahkan cocok juga digunakan di Macbook Apple.

  1. Jing

Merupakan salah satu aplikasi yang paling sederhana diantara aplikasi-aplikasi penangkap layar yang ada. Hal ini karena hanya ada satu mode saja yang disediakan. Sehingga tidak membingungkan ketika menggunakan Jing ini. Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga memiliki short cut yang siap digunakan sewaktu-waktu. Sehingga tidak perlu menunggu ketika harus membuka aplikasi ini.

  1. Skitch

Aplikasi screen shoot yang pernah terkenal pada masanya ini memang memiliki pilihan fitur yang dapat dibilang banyak meskipun tidak bisa disebut sempurna juga. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan aplikasi inilah yang membuatnya terkenal. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan di Mac Apple-X. Sayangnya, untuk saat ini aplikasi ini tidak mengikuti perkembangan upgrade Windows, sehingga tampilannya tidak mendukung Windows terbaru.

  1. Nimbus Capture

Merupakan salah satu aplikasi screen shoot gratis dan dapat digunakan untuk merekam kegiatan yang dilakukan di komputer pribadi. Selain itu, tampilan yang modern dan mudah dijalankan membuat aplikasi ini banyak diminati bagi mereka yang bergerak dibidang tutorial melalui laptop atau PC. Selain itu, aplikasi ini menyediakan fitur print sehingga Anda dapat mencetaknya setelah menangkap gambar.

Selain aplikasi-aplikasi penangkap gambar di atas, Anda dapat memanfaatkan fitur yang selalu tersedia sebagai fitur bawaan dari laptop Anda. Bahkan, pada tombol keyboard laptop Anda juga sudah disediakan dan tinggal memanfaatkannya.

pxhere.com

Cara screen shoot di laptop

  1. Snipping Tool

Snipping tool merupakan salah satu fitur yang sudah menjadi bawaan sistem sejak Windows Vista hingga Windows 10 saat ini. Fitur ini bahkan mudah sekali dalam penggunaannya. Cukup buka aplikasi snipping tool dengan mencari di menu pencarian di Windows. Kemudian klik “New” dan arahkan mouse Anda pada tampilan gambar yang akan dilakukan penangkapan gambar.

Gambar yang sudah didapatkan bisa disimpan pada laptop dalam bentuk PNG, JPG maupun JPEG sesuai dengan kebutuhan Anda. Lebar dan panjang dari gambar dapat Anda sesuaikan dengan menggeser mouse sesuai dengan kebutuhan Anda. Mudah bukan?

  1. Fungsi Tombol “prt sc”

Fungsi tombol “prt sc” pada keyboard laptop adalah sebagai penangkapan gambar. Tinggal arahkan jendela pada gambar dan pencet tombol “prt sc” maka gambar telah tertangkap. Pada Windows 10, gambar hasil penangkapan gambar ini akan disimpan pada folder pictures di sistem. Untuk mengedit, Anda dapat menggunakan paint atau aplikasi edit foto yang lainnya.

Nah, itulah tadi cara screen shot di laptop yang bisa dipilih. Jika Anda masih kurang jelas mengenai aplikasi-aplikasi untuk screen shoot, Anda dapat mengunjungi halaman Leskompi untuk melihat penjelasannya lebih detail lagi. Pada halaman Leskompi ini nanti, Anda akan mendapatkan semua pengetahuan tentang cara screen shoot di laptop.

Leave a Reply