Cita Rasa Khas Dari KOPI ACEH

Bicara kopi, rasanya tidak lengkap tanpa membahas kopi gayo. Kopi gayo merupakan salah satu kopi yang sudah mendunia berasal dari dataran tinggi gayo, aceh tengah dan tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga aceh.

Tentang Kopi Aceh

Pada tanggal 27 mei 2010 Kopi gayo merupakan jenis kopi arabika unggulan yang telah mendapatkan sertifikat dari organisasi internasional fair trade. Selain itu, juga mendapatkan banyak penghargaan lainya sebagai kopi organik terbaik di dunia.

Kopi gayo sudah dikembangkan sejak lama, sekitar tahun 1908 di aceh. Utamanya di kawasan kabupaten bener meriah, aceh tengah serta di wilayah aceh lain seperti di sebagian kecil wilayah gayo lues. Mayoritas masyarakat gayo sendiri adalah petani kopi arabika, produksi kopi dari gayo, menjadi yang terbesar di asia.

Mengenai sejarah tanaman kopi sendiri, menurut beberapa sumber dibawa seorang berkebangsaan belanda pada abad ke 17. Ia membawa biji kopi dari arab lalu membawanya ke batavia (jakarta saat ini) dan dibudidaya pertamakali didaerah jatinegara Jakarta.

Kemudian, kopi-kopi ini akhirnya tersebar juga sampai ke dataran tinggi gayo aceh tengah. Maka tak heran, sejak era penjajahan belanda sampai sekarang, kopi gayo merupakan mata pencaharian sebagian besar masyarakat gayo. Di kawasan aceh tengah Kopi gayo menjadi satu-satunya tanaman kopi berkualitas ekspor.

Cita Rasa

Kopi dari dataran tinggi gayo, sudah mendunia lantaran citarasanya khas. Punya aroma dan juga mengandung kekentalan yang kuat. Dibanding kopi arabika lain, citarasa kopi gayo lebih kuat. Sehingga pada oktober 2010 lalu di Bali ketika diadakan international conference on coffe science, kopi gayo dinominasikan sebagai kopi terbaik nomor satu.

Pasar Internasional

Jika dites, kopi gayo tidak kalah kualitas dan citarasanya dengan rasa kopi arabika di seluruh dunia.  Ini berkat kopi gayo ditanam di ketinggian yang cukup, serta beberapa faktor lain yang membuat kopi gayo menjadi yang terbaik di dunia. Di pasar dunia, permintaan terhadap kopi gayo tidak pernah sepi. Bahkan ketika terjadi krisis di eropa. Meski harganya cukup mahal, permintaan selalu ada. Salah satu negara untuk pasar terbesar kopi gayo adalah Amerika Serikat.

 

 

Leave a Reply