Informasi Singkat Tentang Sistem Pernapasan Dada

Pernapasan dada merupakan pernapasan yang melibatkan bagian otot antar tulang rusuk. Pada pernapasan dada terbagi menjadi dua fase yaitu fase inspirasi dan ekspirasi. Fase insipirasi merupakan tahap masuknya oksigen ke dalam tubuh. Sementara itu, fase ekspresi adalah tahap di mana karbon dioksida dikeluarkan dari tubuh. Untuk lebih detailnya, artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai sistem pernapasan dada.

1. Fase inspirasi (masuknya oksigen ke dalam tubuh manusia)

Fase insipirasi pada dasarnya merupakan upaya dalam memasukan oksigen segar dari luar tubuh untuk ditukarkan dengan karbon dioksida yang merupakan sisa dari sel tubuh. Fase ini diawali dari kontraksinya tulang rusuk sehingga volume rongga dada akan membesar. Ketika rongga dada membesar, nantinya tekanan udara di dalam paru-paru menjadi kecil. Hal ini membuat udara dari luar akan masuk ke bagian paru-paru sehingga terjadilah proses masuknya oksigen.

2. Fase ekspirasi (keluarnya karbon dioksida ke luar tubuh manusia)

Fase ini merupakan kebalikan dari fase inspirasi. Pada fase ini otot antar tulang tusuk akan tertekan. Pada fase ini, rongga dada akan mengecil. Dampak dari mengecilnya rongga tentu menjadikan tekanan udara dalam paru-paru akan membesar sehingga udara akan keluar.

Proses pernapasan terjadi secara otomatis dan tanpa henti meskipun sedang beristirahat. Otomatis di sini berarti proses pernapasan tidak perlu adanya kontrol dan terjadi secara terus-menerus. Bayangkan saja jika proses pernapasan harus dilakukan secara manual, tentunya akan sangat merepotkan dan tidak akan membuat istirahat lebih maksimal. Hal tersebut karena pernapasan merupakan sebuah hal yang sangat penting dilakukan oleh makhluk hidup. Selain dari pernapasan dada, tubuh juga melakukan pernapasan perut.

Demikianlah artikel singkat mengenai pernapasan dada. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadikan kamu lebih memahami mengenai sistem pernapasan pada tubuh manusia. Harapannya adalah setiap orang akan terinspirasi untuk menjaga sistem pernapasannya melalui gaya hidup sehat dan menghindari polusi karena pernapasan sangat penting untuk dilakukan. Selamat belajar dan jagalah kesehatan selalu!

Leave a Reply