Tempat Berkembang dari Jamur Pink Di Toilet

Toilet atau kamar mandi merupakan ruangan yang identik dengan nuansa jorok, kotor serta sebagai tempat bersarangnya bakteri. Pada ruangan toilet selalu memiliki kelembapan yang akan dapat memicu tumbuh dan berkembangnya organisme kecil yaitu jamur. Salah satu jenis jamur yang bisa muncul di toilet adalah jamur pink atau pink mold.

Kita tidak bisa mengelak bahwa memang toilet itu tempat yang kotor sehingga sangat memiliki peluang besar untuk digunakan sebagai sarang dari jamur pink ini. Jamur pink sangat berbahaya bila tidak segera kita basmi. Karena jamur ini akan menyebarkan virus anti toksin yang bisa berakibat fatal jika dalam jangka waktu yang panjang.

Sarang Jamur Pink di Toilet

Berikut ini adalah beberapa tempat yang menjadi sarang favorit bagi jamur pink yang ada di dalam toilet. Simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

1. Tirai shower

Salah satu tempat yang berpotensi menjadi sarang bagi jamur pink adalah pada tirai shower. Karena kondisi dari tirai tersebut selalu kecipratan air dari shower yang menyebakan tirai menjadi basah dan juga lembab. Sedangkan jamur sendiri bisa dengan cepat tumbuh dan berkembang pada tempat-tempat yang basah dan juga lembab. Oleh karena itu tirai shower menjadi salah satu tempat yang strategis bagi kawanan jamur pink untuk bernaung dan kemudian menyebarkan virus-virus yang berbahaya bagi kesehatan tubuh seseorang.

pixabay.com

2. Sudut kamar mandi

Tempat berikutnya di dalam toilet atau wc yang kerap menjadi sarang bagi jamur adalah pada area sudut dari kamr mandi atau wc tersebut. Pada sudut wc jelas bisa menjadi sangat kotor dan juga lembab karena tersiram air dan juga lembab. Karena itu jamur pink suka bersarang pada area sudut dari kamar mandi atau wc tersebut.

3. Cermin

Pada cermin di dalam kamar mandi juga bisa menjadi sarang yang nyaman untuk kawanan jamur pink ini. Terlebih pada setiap sisi dari cermin tersebut. Selain pada sisi-sisi cermin, bagian depan cermin juga bisa menjadi sarang jamur pink. Karena tak jarang pula pada bagian depan dari cermin tersebut basah oleh ari yang diakibatkan ketika ketika menyisir rambut sehingga menciprat ke arah permukaan depan dari cermin tersebut.

Cara Membasmi Jamur Pink di kamar Mandi

Berikut ini akan kami berikan beberapa tips dan cara untuk menghilangkan serta membasmi jamur pink yang ada di dalam kamar mandi pada bagian-bagian yang telah kami sebutkan diatas. Simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

1. Mengilangkan jamur pink pada tirai shower

Kamu bisa menghilangkan jamur pink yang bersemayan di tirai shower tersebut dengan cara yang mudah dan cukup sederhana. Langkah pertama adalah kamu copot kain atau plastik yang digunakan sebagai tirai penutup shower tersebut. Setelah kain atau plastik tersebut kamu copot. Kamu gosok-gosok bagian kain yang terdapat jamur pink tersebut dengan keras dan kasar. Langkah selanjutnya adalah kamu rendam kain atau plastik tersebut pada ember yang berisi air yang telah di larutkan dengan deterjen. Biarkan tirai tersebut dalam rendaman air deterjen selama kurang lebih sekitar 24 jam atau semalaman. Besoknya kamu masukan kain tirai shower tersebut bersamaan dengan dua buah handuk yang tak terpakai pada mesin cuci. Jangan lupa juga untuk menambahkan lagi deterjen pada mesin cuci tersebut dan nyalakan mesin cuci tersebut.

Fungsi dari handuk yang di masukan pada mesin cuci bersama tirai tersebut adalah untuk membantu menyerap noda-noda pada tirai. Setelah itu kamu bisa menambahkan satu sendok teh cuka untuk membasmi dan mematikan jamur tersebut.

pixabay.com

2. Menghilangkan jamur pada sudut kamar mandi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jamur pink pada sudut kamar mandi adalah dengan cara menyiram sudut wc tersebut mengunakan cairan karbol atau dengan air cuka. Setelah itu kamu siram lagi atau teteskan sabun pencuci piring pada area sudut kamar mandi tersebut. Langkah berikutnya adalah kamu gosok-gosok menggunakan sikat wc. Setelah selesai digosok, kamu bilas sudut wc tersebut dengan menggunakan air karbol dan juga air cuka. Lakukan hal tersebut berkali-kali sehingga jamur pink benar-benar mati.

3. Menghilangkan jumur pink pada cermin

Cara yang paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jamur pink yang bersarang di cermin dalam kamar mandi adalah dengan menyemprot kaca atau cermin tersebut dengan cairan khusus pembersih kaca. Setelah kamu semprot, lalu kamu lap cermin tersebut sehingga jamur-jamur yang bersarang bisa sedikit berkurang. Kamu lakukan hal tersebut berkali-kali sampai jamur benar-benar menghilang. Jika kamu tidak memiliki cairan khusus pembersih kaca maka kamu bisa gunakan air karbol atau air cuka dan lakukan hal yang sama yaitu menyemprotkan kemudian mengelap kaca atau cermin tersebut. Ketika kamu sedang melakukan cara diatas, usahakan pintu kamar mandi dalam keadaan terbuka sehingga udara bisa masuk dan sedikit mengurangi kelembapan dari kamar mandi atau wc tersebut.

Nah itulah sekilas mengenai jamur pink di dalam toilet beserta dengan cara menghilangkan nya. Sekian dan terima kasih.

 

Leave a Reply