Kabupaten Wonosobo

Wonosobo merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini di sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Banjarnegara, di sebelah timurnya berbatasan dengan kabupaten Temanggung dan Magelang, di sebelah utaranya berbatasan dengan kabupaten Batang, dan di sebelah selatannya berbatasan dengan kabupaten Purworejo dan Kebumen.

Kabupaten Wonosobo ini memiliki luas sekitar 984,68 Km, dengan memiliki 15 kecamatan di dalamnya. Ibukota kabupaten Wonosobo itu sendiri adalah kecamatan wonosobo, dengan kecamatan yang cukup terkenal lainnya yaitu kertek.

Untuk kalian yang ingin lebih tahu tentang kabupaten Wonosobo ini, dibawah ini telah saya siapkan beberapa hal yang menarik di kabupaten Wonosobo.

Tempat wisata dan kuliner yang ada di wonosobo

1. Tempat wisata di wonosobo

Sama seperti kabupaten lainnya, wonosobo juga memiliki beberapa macam tempat wisata yang cukup banyak serta menawarkan wisata yang cukup terkenal. Untuk kalian yang ingin pergi ke wonosobo tempat wisata berikut ini perlu kalian masukan ke dalam list liburan kalian.

Dieng

Siapa sih yang tak kenal dengan tempat wisata yang satu ini?, ya dieng merupakan sebuah tempat wisata yang memang hampir keseluruhan wilayahnya masuk kedalam kabupaten Banjarnegara, namun Wonosobo pun memiliki beberapa macam wisata di dieng yang cukup terkenal diantarannya yaitu telaga warna. Jangan lupa setiap agustus terdapat juga dieng culture festival yang wajib kalian datangi.

Sikunir

Bagi kalian yang hobinya nge camp, maka bukit sikunir ini bisa menjadi salah satu rekomendasi kalian untuk melakukan pendakian. Bukit sikunir ini di kenal dengan sebutan golden sunrise, karena kalian bisa melihat sunrise yang sangat menawan dari bukit ini

Puncak gunung sindoro dan sumbing

Tempat yang satu ini merupakan tempat yang sudah tak asing lagi bagi kalian yang hobinya melakukan pendakian. Karena puncak gunung sindoro dan sumbing terkenal sebagai tempat pendakian paling di rekomendasikan untuk kalian coba.

Terdapat juga tempat wisata terkenal lainnya di wonosobo yaitu gunung prahu, waduk wadaslintang, kebun teh tambi, telaga menjer dan masih banyak lainnya.

2. Kuliner khas wonosobo

Selain memiliki tempat wisata yang menarik, wonosobo juga memiliki kuliner khas yang patut kalian cicipi diantarannya yaitu,

Mie ongklok

Mie ongklok merupakan jenis makanan khas wonosbo yang sudah sangat populer di kabupaten wonosobo dan sekitarnya. Mie ongklok ini terbuat dari mi kering atau basah yang direbus bersamaan beberapa macam sayur seperti kubis, lalu diberi campuran tepung kanji di dalamnya disertai dengan sate ayam untuk kalian makan.

Sego megono

Sego megono merupakan kuliner khas wonosobo yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan beberapa macam sayran dan ditambah dengan ikan teri. Memeang sedikit mirip dengan nasi goreng tetapi memiliki rasa yang berbeda.

Ada juga kuliner khas wonosobo lainnya yang tidak dapat saya sebutkan seperti, carica, dendeng gepuk, purwaceng, tempe kemul, opak dan combro.

Nah demikianlah pembahasan saya mengenai kabupaten wonosobo, jika kalian hendak ke jogkakarta melalui jalur tengah dari arah jakarta, maka tidak ada salahnya kalian transit terlebih dahulu di kabupaten wonosbo ini.

Leave a Reply