Kandungan Gizi Dalam Ikan Mujair yang Bagus untuk Kesehatan 

Mujair adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak disukai karena harganya yang terjangkau dan rasanya yang lezat.  Biasanya ikan mujair diolah dengan cara digoreng atau dibakar sehingga menjadi sebuah sajian yang menggugah selera. Dibalik rasanya yang lezat tersebut ternyata mujair memiliki banyak kandungan gizi yang mungkin belum banyak diketahui.

Berbagai jenis ikan memiliki ciri khas tersendiri termasuk juga mujair. Dimana ikan ini memiliki tubuh berukuran sedang, pipih, berwarna kecoklatan, keabu-abuan, hitam atau kuning. Tak perlu khawatir jika selama ini anda gemar mengkonsumsi mujair. Sebab ikan yang satu ini ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap diantaranya sebagai berikut.

  1. Asam Lemak Omega-3
    Mujair mengandung asam lemak omega-3 atau lemak tak jenuh yang bagus untuk kesehatan. Perlu anda ketahui bahwa asam lemak omega-3 merupakan jenis lemak yang bisa membantu meringankan peradangan serta menurunkan kadar lemak dalam darah. Tak heran jika mengkonsumsi mujair juga dikaitkan dengan fungsinya untuk menurunkan risiko penyakit jantung.
  2. Asam Lemak Omega 6
    Mujair juga mengandung asam lemak omega 6 yang mana asam lemak ini tidak bisa diproduksi sendiri dalam tubuh. Bahkan jenis lemak ini juga dipercaya bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh. Bagi penderita diabetes, asam lemak omega 6 ini juga sangat bagus dikonsumsi karena bisa membantu sel-sel otot tubuh untuk merespon hormon insulin.
  3. Protein
    Mujair juga mengandung protein sebesar 23 gram. Tentu saja jumlah protein tersebut juga bagus untuk penurunan berat badan. Dengan mengkonsumsi protein maka anda bisa merasakan kenyang yang lebih lama untuk mengontrol berat badan anda. selain itu protein tersebut juga berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh, mencerna makanan, mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan menyeimbanhkan hormon.
  4. Kalsium
    Kandungan kalsium dalam mujair juga cukup tinggi sebesar 12 miligram. Dimana kalsium ini sangat bagus untuk kesehatan tulang dan membantu proses pembekuan darah.
  5. Selenium
    Mujair mengandung 47 mikrogram selenium yang bagus untuk sistem reproduksi, kelenjar tiroid, serta sistem kekebalan tubuh.

Demikianlah penjelasan mengenai kandungan gizi dalam ikan mujair yang bisa menambah wawasan anda. Agar kandungan gizi tersebut tidak hilang maka pastikan mengolah mujair secara tepat dan benar sebagai hidangan untuk keluarga tercinta.

Leave a Reply