Yuk Cari Tahu Keistimewaan Surat Al Baqarah

Surat Al Baqarah merupakan surat kedua di dalam Al Quran yang berisikan 286 ayat. Surat ini diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW kepada umatnya saat beliau sudah berada di Madinah. Dan sebagian besar dari surat tersebut diturunkan saat permulaan tahun Hijriyah. Oleh sebab itu, surat ini pun dimasukkan dalam golongan surat Al Madaniyah. Ada banyak sekali keistimewaan yang di dapat ketika anda membaca surat satu ini. Berikut simak ulasannya.

Keistimewaan Bagi Anda Yang Membaca Al Baqarah

  1. Malaikat Akan Turun Ketika Dibacakan Al Baqarah

Salah satu keistimewaan dari surat ini adalah malaikat akan turun jika anda membacanya. Hal ini seperti yang diungkapkan dalam cerita Usaid bin Hudair yang memiliki suara paling indah. Yakni di riwayatkan bahwa beliau pernah bercerita jika “Pada suatu malam, saya membaca surah Al Baqarah dan ketika itu malam sedang bulan purnama. Di waktu membaca, saya bersama anak saya Yahya dan kuda yang tertambat.”

Usaid pun melanjutkan ceritanya bahwa tiba-tiba kudanya berbunyi seperti sedang berjalan. Usaid pun berdiri dan menenangkan kuda tersebut karena takut Yahya terbangun. Hal itu terulang hingga tiga kali, ketika Usaid melihat ke langit ternyata terdapat sesuatu yang menaunginya seperti pelita yang sangat berbinar saat Usaid tengah membaca surat Al Baqarah. Sehingga hal tersebut cukup membuat Usaid takut dan tidak melanjutkan bacaannya.

Setelah itu paginya Usaid datang ke Rasulullah dan menceritakan kejadian tersebut. Setelah itu nabi Muhammad SAW pun mengatakan jika sosok yang dilihat oleh Usaid tersebut adalah malaikat yang ingin mendengarkan Usaid membaca  surah Al Baqarah, jadi jika Usaid membaca surat tersebut hingga pagi maka manusia lain pun akan dapat melihat malaikat tersebut.

  1. Syaitan Tidak Akan Masuk Ke Dalam Rumah

Terdapat beberapa hadist yang dikatakan oleh Rasulullah, dimana menjadi dalil atas keistimewaan akan surah Al Baqarah mengenai hal satu ini. Salah satunya adalah yang diungkapkan oleh Abu Hurairah R.A, dimana Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yakni, Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan surah Al Baqarah.

  1. Terdapat Nama Allah yang Paling Agung

Ketika seseorang membaca atau mendengar mp3 surat Al Baqarah, maka saat orang tersebut meminta sesuatu kepada Allah, niscaya Allah pun akan segera mengabulkan permintannya. Hal ini dikarenakan di dalam surah Al Baqarah terdapat nama Allah yang paling agung. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Abu Umamah.

Jika Rasulullah pernah bersabda bahwa, “Nama Allah yang paling agung adalah “al Hayyu al Qayyum” yang mana jika seseorang meminta kepada Allah dengan menyebut nama tersebut, maka akan dipenuhi oleh Allah. (nama tersebut) terdapat di dalam tiga surah yakni Al Baqarah, Ali Imran dan Thaha”. Seperti itulah sabda Rasulullah yang telah dikatakan oleh Abu Umamah tentang keistimewaan surah Al Baqarah.

  1. Sebagai Penyelamat di Hari Kiamat dan Sebagai Ayat Penolak Sihir

Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Umamah al Bahily, beliau pernah mengatakan bahwa pernah mendengar Rasulullah bersabda, Bacalah Al Quran, karena sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat sebagai penolong bagi pembacanya, Al Baqarah dan Ali Imran, karena sesungguhnya kedua surah itu akan datang di hari kiamat seperti awan mendung yang bergerak atau seperti sekumpulan burung Shawwaf yang menaungi pembacanya.

“Bacalah Al Baqarah karena ia mendatangkan keberkahan bagi pembacanya dan kerugian bagi yang melalaikannya, serta sihir tidak akan tertimpa padanya”. Melalui sabda Rasulullah yang cukup panjang mengenai surat Al Baqarah ini, maka tentu saja dengan membaca surat ini akan memiliki beberapa manfaat yang penting bagi kehidupan. Surat ini mampu menjadi penolong dan penaung di hari kiamat serta sebagai sumber keberkahan dan penolak sihir.

  1. Dicukupkan Dari Segala Keburukan dan Dimudahkan Banyak Kebaikan

Menurut hadist yang di riwayatkan oleh Abu Mas’ud al Badri Radhiyallahu anhu, Rasulullah pun pernah bersabda bahwa “Dua ayat terakhir dari surah al Baqarah, barang siapa membacanya di malam hari maka dua ayat tersebut akan mencukupi baginya.” Untuk itu jika anda membaca dua ayat terakhr dari surah Al Baqarah, maka seorang hamba akan dicukupkan dari segala keburukan dan dimudahkan baginya banyak kebaikan.

  1. Terdapat Ayat Kursi yang Merupakan Ayat Paling Agung di Al Quran

Di dalam surat al Baqarah, terdapat ayat al Kursi, dimana ayat ini memiliki banyak sekali keistimewaan. Dijelaskan bahwa ayat kursi merupakan ayat yang paling agung. Hal ini berdasarkan cerita dari Ibnu al Asqa, “ Bahwa Rasulullah mendatangi para muhajirin yang digolongkan sebagai ahl as Auffah. Dimana mereka bertanya kepada Rasulullah tentang ayat yang paling agung dan belai menjawab dengan “Allahu laa ilaaha illa huwa al Hayyu al Qayyum, La ta’khudzuhu sinah wa la naum.”

Untuk itulah jika anda membaca surah Al Baqarah, maka akan semakin banyak rahmat dan keistimewaan dari surat satu ini. Ayat Kursi yang terdapat dalam Al Baqarah pun juga mampu menjadi ayat ruqyah. Dimana jika dibaca saat pagi dan siang hari akan menghindarkan orang tersebut dari gangguan jin yang terkutuk.

 

 

Leave a Reply