Tugas Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia

Ada banyak bidang kementerian yang masuk dalam jajaran pemerintahan republik Indonesia, salah satunya adalah Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia ini sering di permudah pengucapannya dengan singkatan Kemenko PMK RI. Sebelum menjadi Kemenko PMK RI, kementerian tersebut bernama Kemenko Kesra atau kementerian kordinasi kesejahteraan rakyat.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas lengkap mengenai Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Kemenko PMK RI, mulai dari pengertian sampai dengan nama-nama yang pernah menjabat di kementerian tersebut. Dikutip dari Hidupsimpel.com, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pengertian Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia atau kerap disingkat menjadi Kemenko PMK RI adalah salah satu bidang kementerian dalam pemerintahan republik Indonesia yang memiliki tugas dan peran utama untuk melakukan kordinasi, sinkronisasi dan pengendalian kementerian-kementerian di bawahnya untuk aspek pembangunan manusia dan budaya.

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Kemenko PMK RI ini dalam bertugas berada di bawah naungan presiden sebagai pemimpin tertinggi negara Indonesia. Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia juga memiliki tanggung jawab yang berdasarkan perintah dari presiden Republik Indonesia.

Adapun pemimpin dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Kemenko PMK RI biasanya disebut dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI).

Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia di susun dan di ciptakan berdasaran peraturan undang-undang yaitu Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2015. Sebelumnya, nama untuk Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia adalah Kementerian Kordinator Kesejahteraan Rakyat atau Kemenko Kesra.

pxhere.com

Tugas Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia

Setelah kamu mengetahui sekilas tentang Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikutnya akan kami jelaskan beberapa tugas dan peranan dari Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia tersebut.

Seperti yang sudah di singgung singkat di awal artikel, tugas utama dari Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia adalah untuk kordinasi, sinkronisasi dan pemberdayaan manusia dan budaya. Adapun penjelasan lengkap dari tugas Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Kemenko PMK RI bertugas untuk melaksanakan kordinasi, sinkronisasi, merumuskan, menetapkan dan melaksanakan kebijakan-kebijakan dari kemeterian atau lembaga yang terikat dengan isu-isu dari segi kemanusian dan kebudayaan.
  2. Kemenko PMK RI bertugas untuk mengendalikan segala macam pelaksanaan kebijakan yang telah dibuat kementerian terkait yang bersinggungan dengan pembangunan manusia dan budaya.
  3. Kemenko PMK RI bertugas untuk melakukan kordinasi, membina dan memberikan dukungan secara administratif terhadap lembaga-lembaga yang bergerak di lingkungan yang masuk di bawah naungan Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  4. Kemenko PMK RI bertugas untuk mengelola kekayaan atau barang yang menjadi hak milik negara.
  5. Kemenko PMK RI bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja di lingkungan dari semua jajaran yang berada di bawah Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  6. Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia bertugas melaksanakan semua perintah dan kebijakan yang di amanatkan oleh presiden republik Indonesia.
pxhere.com

Kordinasi Kementerian

Berikut ini adalah daftar kementerian yang berada di bawah kordinasi dari Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

  1. Kementerian Kesehatan
  2. Kementerian Sosial
  3. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi
  4. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
  5. Kementerian Pemuda dan Olahraga
  6. Kementerian Agama
  7. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  8. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Susunan Organisasi dari Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia

Berikut ini adalah susunan organisasi dari Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Struktur Organisasi dari Kemenko PMK RI :

  1. Sekretariat Kementerian Koordinator
  2. Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana
  3. Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial
  4. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan
  5. Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama
  6. Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan
  7. Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak
  8. Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan
  9. Staf Ahli Bidang Politik, Hukum, Keamanan, dan Hak Asasi Manusia
  10. Staf Ahli Bidang Multikulturalisme, Restorasi Sosial, dan Jati Diri Bangsa
  11. Staf Ahli Bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Ekonomi Kreatif, dan Ketenagakerjaan
  12. Staf Ahli Bidang Sustainable Development Goals Pasca 2015
  13. Staf Ahli Bidang Kependudukan

Alamat Kemenko PMK RI

Kemenko PMK RI beralamat di Jl. Medan Merdeka Barat No. 3 Jakarta Pusat 10110. Kamu bisa mengetahui informasi lebih detail melalui Situs web resmi dari Kemenko PMK RI yaitu www.kemenkopmk.go.id.

Nah itulah ulasan lengkap tentang Kemenko PMK RI. Sekian dan terima kasih.

 

 

Leave a Reply