Solusi Cerdas Lolos SBMPTN Dengan Edutore.com

SBMPTN atau yang srering disebut dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi merupakan sebuah jenis tes yang diadakan secar nasional. Tes iini berfungsi untuk menyaring para calon mahasiswa yang akan masuk ke dalam sebuah perguruan tinggi. Tes ini biasanya memiliki fungsi untuk menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan kemampuan berpikir dan analisis mereka masing-masing.

Apa saja jenis-jenis materi yang akan diujikan pada SBMPTN? Simak ulasannya berikut ini, ya!

Ada berbagai cara yang bsia ditempuh oleh para calon mahasiswa untuk dapat memasuki sebuah perguruan tinggi negeri. Perguruan tinggi negeri atau PTN lebih disukai karena memiliki tingkat pembayaran biaya kuliah lebih rendah daripada universitas swasta. Walaupun tidak smuanya, namun perguruan tinggi negeri banyak dicari oleh para siswa yaang akan lulus dari kelas 12 SMA sederajat.

Salah satu jalan masuk yang bisa dilewati oleh calon mahasiswa adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jalur SBMPTN ini memiliki kuota minimal sebesar 40% dari total keseluruhan mahasiswa baru yang ada pada setiap perguruan tingi negeri. Untuk itu banyak sekali calon mahasiswa yang belajar mati-matian agar bisa masuk PTN melalui jalur ini.

pixabay.com

Pada jaman dahulu, peserta SBMPTN mendaftar pada sistem dan melakukan ujian setelah pendaftaran pada waktu yang ditentukan. Belakangan ini aturan tersebut berubah dan akhirnya diganti dengan pelaksanaan UTBK terlebih dahulu baru mendaftar untuk SBMPTN.

UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer yang harus diikuti oleh semua calon mahasiswa. Hasil dari UTBK inilah yang menjadi tolak ukur diterima atau tidaknya seorang calon mahasiwa di perguruan tinggi negeri yang diinginkan.

Biasanya materi yang diujikan pasda waktu UTBK adalah materi Tes Potensi Akademik atau TPA dan Tes Potensi Skolastik atau TPS. Kelompok ujian yang disandang oleh calon mahasiswa ditentukan berdasarkan jurusan pilihannya di perguruan tinggi yang diinginkan. Calon mahasiswa juga akan mengerjakan ujian berdasarkan kelompok ujian yang telah ia ketahui. Ada tiga kelompok ujian dari para peserta UTBK, yaitu Saintek (IPA), Sosial Humaniora (Soshum atau IPS), dan campuran atau IPC.

pixabay.com

Lalu bagaimanakah tips suskes lolos UTBK agar lolos SBMPTN?

Berdasarkan kelompok ujian yang telah anda tetapkan, secara otomatis anda akan tahu apa yang akan anda lakukan. Biasanya kelompok ujian ini ditentukan berdasarakan berasal dari rumpun apakah jurusan yang akan anda masuki. Misalnya anda ingin mendaftar ke jurusan Kedokteran, maka anda harus belajar banyak mengenai Saintek.

Selain itu jika anda ingin masuk ke jurusan Geografi, maka anda harus memperbanyak belajar materi tentang Sosial Humaniora. Namun jika pada jurusan yang anda ambil adalah campuran, maka anda harrus mempelajari kedua rumpun ilmu tesebut.

Bagi anda para calon mahasiswa baru, terapkan berbagai tips berikut ini agar anda bisa lolos SBMPTN pada perguruan tinggi negeri yang anda inginkan.

  1. Jangan lupa melakukan pendaftarn

Pendaftaranadalah hal yang sangat penting. Tanpa mendaftar pada sistem pusat, anda tidak akan bisa mengikuti UTBK karena data diri anda tidak terdaftar. Dengan melakukan pendaftaran tersebut, anda akan bisa mencetak kartu ujian yang nantinya akan amenjadi tiket masuk anda mengikuti UTBK SBMPTN.

  1. Sering-seringlah belajar materi yang akan diujikan

Disini anda harus mengerti dari rumpun ilmu mana kelompok ujian yang akan anda ikuti. Anda bisa belajar mengenai Saintek dan Sosial Humaniora secara terfokus, apabila ujian yang anda ikuti berasal dari salah satunya. Namun anda harus pintar-pintar membagi waktu untuk bisa menguasai kedua jenis rumpun ilmu tersbeut apabila mengikuti kelompok ujian IPC.

Tak hanya itu, anda juga harus banyak-banyak belajar mengenai tes psikologi dan soal SBMPTN Saintek serta Soshum untuk bisa lancar mengeerjakan soal-soal Tes Potensi Skolastik. Anda bisa mencari berbagai buku untuk mempersiapkan  UTBK di edutore.

pixabay.com

Di tempat tersebut, anda bisa melakukan pencarian terhadap berbagai jenis buku agar bisa mempersiapkan UTBK dengan baik. Pelajari buku-buku yang merupakan materi dari rumpun keilmuan yang akan anda hadapi saat tes, dan pahamilah. Jangan berusaha menghafalkan saja karena metode belajar menggunakan hafalan tidak akan lebih baik dari metode  pemahaman.

Selain itu, belajarlah melakukan pengaturan waktu. Karena waktu yang diberikan akan sangat terbatas untuk bisa mengerajakn semua soal-soal tersebut. Perhitungkan setiap waktu menerjakan soal dan perkirakan estimasi waktu yang akan digunakan untuk mengerjakan satu nomor soal. Hal ini akan membantumu dalam mengerjkaan soal ujian.

  1. Kerjakan ujian dengan baik

Saat menghadapi ujian, pastikan untuk selalu fokus dan menggunakan waktu yang diberikan dengan baik. Tenangkan pikiran, pikirkan materi-materi yang telah anda pelajari sebelumnya. Jangan kerjakan soal yang tidak anda kuasai terlebih dahulu karena hal ini bisa membuatmu mendapatkan pengurangna nilai jika jawabannya salah.

Selain itu, kerjakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu karena hal ini akan bisa membuatmu menghemat banyak waktu. Kerjakan soal dengan kerumitan yang sedang, lalu apabila anda tidak bisa mengerajkan soal yang tersisa, usahakan jangan mengada-ada jawaban.

Nah, berbagai hal tersebut bisa anda terapkan dalam kehidupan nyata agar anda bisa lolos UTBK SBMPTN. Jangan lupa untuk mencari bebragia macam materi dari Edutore milik Gramedia.

 

 

Leave a Reply