KKI UI

Seperti kata pepatah, “banyak jalan menuju Roma”, begitu pula dengan jalan menuju kampus yang hingga kini masih menjadi favorit pelajar, Universitas Indonesia. Selain melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, ada beberapa cara untuk bisa lolos menjadi mahasiswa UI. Salah satunya melalui jalur SIMAK KKI UI (Seleksi masuk Kelas Khusus Internasional UI).

SIMAK KKI UI adalah jalur masuk bagi calon mahasiswa yang ingin merasakan kelas internasional di Universitas Indonesia. Program pendidikan KKI sama dengan program pendidikan regular. Hanya saja, KKI ini diselenggarakan oleh UI atas dasar kerjasama antara pihak Universitas Indonesia dengan mitra Perguruan Tinggi di luar negeri yang memiliki reputasi internasional dan akreditasi terbaik di negaranya.

KKI di UI memiliki dua kelompok program studi yang bisa dipilih, yaitu Gelar Tunggal dan Gelar Ganda. Perbedaan antara keduanya, yaitu sebagai berikut;

  • Gelar Tunggal adalah program kelas internasional yang memiliki kurikulum khusus dengan memberikan kesempatan pada mahasiswanya untuk mengikuti perkuliahan atau pengalaman magang di Universitas Mitra UI di luar negeri. Jangka waktunya sesuai dengan kurikulum masing-masing program studi, namun umumnya 1 sampai 2 semester.

Sesuai dengan namanya, meski akan merasakan kuliah di universitas mitra UI di luar negeri, mahasiswanya hanya akan memperoleh satu gelar kesarjanaan dari UI.

pxhere.com
  • Gelar Ganda adalah program kelas internasional yang memiliki kurikulum khusus dengan memberikan kesempatan pada mahasiswanya untuk menempuh studi di UI dan di Universitas Mitra UI dalam satu masa studi jenjang kesarjanaan. Mahasiswa yang mengambil Gelar Ganda KKI akan memperoleh dua gelar sarjana sekaligus, yaitu dari UI dan dari Universitas Mitra UI.

Tahapan Pendaftaran SIMAK KKI UI

Untuk mengikuti ujian seleksi masuk kelas internasional di UI ini, para calon peserta hanya bisa menggunakan jalur SIMAK. Oleh karenanya, secara tahapan pendaftarannya akan sama seperti mengikuti SIMAK UI biasa. Hanya saja, ada beberapa persyaratan khusus untuk kelas internasional ini. Berikut ini tahapan pendaftaran SIMAK kelas internasional UI:

  1. Membuat akun di situs resmi SIMAK UI
  2. Mengunggah foto, dengan ketentuan:
pxhere.com
  • Foto terbaru. Misalnya, saat ini calon peserta berjilbab, maka foto yang diunggah adalah foto berjilbab. Kemudian, pada saat ujian juga harus menggunakan jilbab.
  • Foto berwarna dengan ukuran 4×6 cm.
  • Penampakan foto hanya dari wajah sampai bahu (pas photo) dengan pakaian kemeja putih berkerah dan rapi menghadap ke depan.
  1. Membuat pendaftaran menggunakan username dan password, kemudian pilih menu “Buat Pendaftaran” untuk pendaftaran baru. Kemudian, isi form yang harus diisi dan lanjut memilih program pendidikan dan program studi yang diinginkan.
  2. Melakukan verifikasi data untuk memastikan para peserta telah mengisi formulir pendaftaran, memilih program studi dan mengetahui biaya pendidikan masing-masing prodi dengan baik dan benar.
  3. Wajib mengunggah berkas persyaratan khusus, berupa sertifikat TOEFL/IELTS. Jenis TOEFL yang diakui adalah sertifikasi ETS (PBT skor minimal 5.00 atau iBT dengan skor minimal 61 atau CBT dengan skor minimal 173. Sedangkan, IELTS dengan skor minimum 5.5. Jika tidak memenuhi pesyaratan ini, maka SIMAK KKI tidak dapat dilakukan. Sebab, perkuliahan akan menggunakan bahasa inggris full.
  4. Membayarkan biaya pendaftaran sesuai dengan program studi yang dipilih dan dibayarkan di bank pilihan pihak Universitas Indonesia.
  5. Mengunduh kartu ujian masuk. Kartu ini wajib dibawa pada saat pelaksanaan ujian Seleksi Masuk.
  6. Mengikuti ujian SIMAK pada waktu dan lokasi yang telah ditentukan dan tertera pada kartu ujian.
  7. Setelah mengikuti ujian, para peserta dapat melihat hasil SIMAK KKI pada tanggal yang sudah ditentukan.
pxhere.com

Materi Ujian SIMAK KKI UI

Karena berbeda dengan jenis tes SIMAK pada program pendidikan lainnya, maka materi yang diujikan juga tentu akan ada banyak perbedaan. Materi ujian yang akan dihadapi pada SIMAK KKI akan dibagi menjadi dua, yaitu Natural Sciences dan Social Sciences. Kedua soal ujian diberikan waktu pengerjaan selama 120 menit dan masing-masing akan menghadapi materi soal berbeda. Mereka yang sudah mengikuti bimbel KKI UI pasti sudah mengerti bagaimana proses trik dan trik menghadapinya.

Jika calon peserta memilih prodi bidang Natural Sciences, maka materi yang akan diujikan, terdiri dari Mathematic for Natural Sciences, Biology, Physics, dan Chemistry. Sedangkan, jika memilih prodi bidang Social Sciences, maka materi yang akan diujikan, meliputi Basic Mathematics, Economics, Geography, Sociology, serta Indonesian and the World History.

Ada satu yang berbeda jika calon peserta memilih Prodi Kedokteran KKI. Di mana, calon peserta akan dihadapkan pada satu materi tes lagi, bernama Situational Judgement Test (SJT). Ujian ini akan dihadapi setelah ujian SIMAK selesai dilakukan. Cukup sulit? Tentu saja semua kesulitan bisa diatasi dengan belajar yang giat, latihan tekun, dan dibantu dengan mengikuti bimbel KKI UI secara intensif.

 

Leave a Reply