Tips Menggunakan Lock Screen iPhone Teraman

Semua produk Apple terkenal akan sistem keamanannya yang sangat mumpuni, baik dari segi penyimpanan data maupun software – softwarenya. Untuk segi keamanan iPhone sendiri diberikan fitur lock screen yang dapat dibuka dengan berbagai macam cara yang sangat futuristik, baik menggunakan pola, password, pemindai sidik jari, bahkan yang paling baru menggunakan fitur Face ID.

Untuk lock sreen iPhone sendiri selain menggunakan bawaan Apple anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jangan lupa kunjungi aptoide.co.id untuk mendapatkan informasi menarik seputar dunia tekhnologi smartphone. Membuka lock screen dengan fitur canggih merupakan sebuah kesenangan tersendiri.

Fitur canggih lock screen iPhone

Dari awal peluncurannya iPhone selalu memberikan fitur lock screen demi menjaga keamanan ponsel anda, dan seiring perkembangan tekhologinya fitur lock screen ini pun semakin berkembang. Pada era iPhone pertama lock screen hanya memungkinkan kita membukanya dengan memasukan password ataupun pola, hal tersebut dirasa kurang aman dan juga efisien, karena kita memerlukan sekian detik untuk memasukan datanya,

Namun pada iPhone generasi terbaru membuka lock screen menjadi lebih mudah dan menarik, karena sudah mendukung fitur pemindai sidik jari. Sensor sidik jari ini sendiri anda hanya perlu membuka ponsel dengan menscan jari yang telah anda daftarkan sebelumnnya. Sehingga tanpa adanya akses sidik jari, orang lain tidak dapat membuka ponsel anda dengan seenaknya.

Untuk fitur pemindai wajah atau Face ID ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun untuk generasi lama fitur ini dirasa kurang akurat saat membaca wajah, sehingga keamanannya masih kurang terjamin. Pada peluncurannya pada 2017 lalu, iPhone X membawa tekhonolig Face ID yang paling baru, dan juga tentu saja lebih aman ketimbang serie sebelumnya. Face ID pada iPhone X menggunakan sensor biometrik khusus untuk memindai wajah pengguna, sehingga setiap detail dan juga kondisi memungkinkan sensor ini untuk mengenali wajah anda.

Untuk membuat lock screen iPhone anda lebih menarik Apple juga memberikan kebebasan anda untuk mengganti tampilan lock screen, baik menggunakan foto, gambar maupun live wallpaper. Caranya seperti ketika anda akan mengubah wallpaper ponsel iPhone anda, namun pada menu itu akan ada dua pilihan, lock screen ataupun wallpaper beranda. Sesuaikan wallpaper dengan keinginnan anda, sehingga tampilan iPhone anda menjadi lebih menarik.

Slide to Unlock

pixabay.com

Fitur slide to unlock ini merupakan fitur bawaan dari awal iPhone pertama diluncurkan, yang mana memungkinkan anda untuk membuka layar hanya dengan menggeser sebuah button atau menslidenya. Namun untuk iOS 10, fitur slide to unlock ini sudah dihilangkan dan menggantinya menjadi press home to unlock. Cara kerja kedua fitur ini sebenarnya sangatlah mirip, untuk slide to unlock anda perlu menggeser button, namun untuk press home to unlock anda hanya perlu menekan home button, dan memasukan passcode maupun code keamanan lainnya.

Fitur slide to unlock ini dihilangkan lantaran Apple menambahkan 3 halaman pada lockscreen, yakni widget, akses cepat kamera dan juga locksreen. Untuk mengganti ketiga menu ini anda perlu menggulir layar pada saat tampilan lock screen, sehingga untuk fitur slide to unlock sudah tidak memungkinkan lagi untuk digunakan, maka terciptalah fitur press home to unlock.

Fitur akses kamera cepat dari lock screen

Untuk mengakses kamera kita tidak perlu lagi perlu membuka locksreen, karena dengan cara itu waktu kita terbuang cukup banyak, sehingga kita akan ketinggalan untuk mengabadikan sebuah momen langka. Hal ini lah yang membuat Apple memberikan fitur akses cepat kamera, anda hanya perlu menggeser layar tampilan lockscreen, namun cara ini bisa bekerja hanya untuk iOS 10 keatas yang mana sudah mengganti fitur slide to unlock menjadi press home to unlock.

Tips mengamankan iPhone

Banyak cara serta fitur canggih yang diberikan Apple agar dapat mengamankan setiap data berharga yang anda punya pada ponsel iPhone. berikut ini ada beberapa tips untuk mengamankan iPhone yang mungkin bisa anda praktekan.

Aktifkan beberapa fitur keamanan sekaligus

Dengan mengaktifkan kedua fitur ini secara bersamaan maka keamanan data anda pun akan lebih terjaga. Anda bisa memasukan passcode ketika jari yang anda daftarkan tidak memungkinkan untuk membuka lockscreen, begitu pula sebaliknya, lebih aman menggunakan touch ID ketika ditempat umum, sehingga kerahasian passcode anda tidak akan bocor

Cara untuk menggunakan kedua fitur ini sangatlah mudah, anda hanya perlu pergi ke pengaturan, kemudian pilih touch ID dan passcode. Masukan passcode yang menurut anda aman sebanyak dua kali untuk melakukan verifikasi. Kemudian daftarkan beberapa jari anda untuk menggunakan fitur touch ID.

Gunakan passcode unik

Penggunaan passcode sendiri haruslah rumit namun tetap mudah dihapal oleh pengguna sendiri, sehingga orang lain tidak dapat membuka iPhone anda dengan mudah. Selalu usahakan tidak menggunakan nama atau tanggal lahir anda sendiri untuk passcode, karena data itu terlalu mudah untuk beberapa orang yang sudah mengenal anda. Tentu saja fitur keamanan ponsel anda ditentukan dari seberapa rumit dan panjang passcode anda sendiri.

 

 

Leave a Reply