Sejarah Masjid Kubah Dian Al Mahri yang Termegah

Sejarah masjid Kubah Dian Al-Mahri tentunya tak bisa terlepas dari sesosok pendirinya yang paling pertama. Dari artikel ini akan kami ulaskan mengenai identitas dermawan kaya raya satu ini, lengkap dengan sumber rezeki berkah beliau.

Beliau merupakan orang yang gemar menginfakkan hartanya untuk pembangunan masjid. Masjid Kubah Dian Al Mahri hanya lah salah satu masjid yang beliau dirikan. Bukan kebetulan kalau masjid ini merupakan salah satu masjid yang paling megah di Indonesia. Berikut akan diulas lengkap sejarah Masjid Kubah Dian Al Mahri.

Sejarah Masjid Kubah Dian Al Mahri

pixabay.com

Pembangunan & Peresmian

Masjid Kubah Dian Al Mahri atau juga biasa disebut Masjid Kubah Emas adalah masjid megah yang berada di Depok, Jawa Barat, Indonesia. Selain menjadi pusat tempat peribadatan umat muslim, masjid ini merupakan salah satu destinasi wisata Kota Depok yang wajib dikunjungi. Yang menjadi daya tarik utama dari masjid ini tentu saja kubahnya yang terbuat dari emas.

Sejarah Masjid Kubah Dian Al Mahri tidak bisa terlepaskan dari pendirinya yaitu Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rashid. Beliau sendiri merupakan pengusaha sukses yang berasal dari Banten. Beliau merupakan orang kaya yang pandai memanfaatkan kekayaannya untuk tujuan yang lebih ukhrowi.

Berdasarkan berbagai sumber terpercaya, pembangunan Masjid Kubah Emas dimulai pada tahun 2001. Sedangkan selesainya 5 tahun kemudian yaitu pada tahun 2006. Masjid ini dikenalkan ke publik pada tahun itu juga, tepatnya pada akhir Desember 2006 tanggal 31. Hari itu bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Destinasi Wisata Religi

Masjid Kubah Emas memang telah menjadi salah satu destinasi wisata religi yang harus dikunjungi. Hal ini karena luasnya area masjid serta mudahnya akses masuk, masjid ini memang cocok menjadi destinasi wisata yang ramai pengunjungnya. Masjid ini sangat ramai ketika liburan tiba dan juga sering dimanfaatkan musafir untuk tempat beristirahat setelah perjalanan panjang.

Jangan lupakan juga berbagai kemegahan dan keindahan yang ditawarkan oleh masjid ini. Misalnya saja kubahnya yang bersepuh emas dan desain interior dan eksteriornya yang tidak ada duanya. Dengan mengunjungi masjid ini Anda akan mendapatkan pengalaman wisata religi yang benar-benar berbeda.

Pendiri Masjid Wafat

Dian Al Mahri merupakan pendiri Masjid Kubah Emas yang lahir pada tahun 1949 dan meninggal pada 29 Maret 2019. Sebelum wafat, pengusaha sukses asal Banten ini sempat dirawat di RS Pondok Indah Jakarta.

Salah satu usaha yang digeluti oleh beliau adalah kilang minyak di Brunei Darussalam. Keuntungan dari usaha ini bahkan Beliau sedekahkan separuhnya. Beliau merupakan sosok yang gemar bersedekah dan sering menggelar pengajian

Salah satu peninggalan beliau yang sangat ikonik tentu saja Masjid Dian Al Mahri. Masyarakat sekitar sering menyebutnya sebagai Masjid Kubah Emas karena ketiga kubahnya memang dilapisi emas seluruhnya. Beberapa bagian interior masjid juga ada yang dilapisi emas.

Kemegahan Masjid Kubah Dian Al Mahri

pixabay.com

Ornamen Emas Eksterior

Masjid ini dirancang memiliki 3 kubah, salah satunya merupakan kubah utama sedangkan lainnya berukuran lebih kecil. Seluruh kubah yang dimiliki masjid ini dilapisi emas setebal 2,3 mm yang juga didekorasi dengan mosaik kristal. Ini lah yang menjadi daya tarik unik masjid ini, yang mau tidak mau menjadikannya objek wisata yang ramai dikunjungi umat islam.

Kubah utama yang dimiliki masjid ini begitu mirip dengan kubah yang dimiliki oleh Taj Mahal di India. Kubah tersebut memiliki diameter bawah sepanjang 16 meter dan panjang 25 meter. Sedangkan dua kubah yang kecil memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter dan tinggi 8 meter.

Ornamen Emas Interior

Jika kita intip interior dari masjid ini, terdapat tempat lilin yang diimpor langsung dari Italy dengan berat sekitar 8 ton. Kemudian ada hiasan relief di atas mihrab imam yang terbuat dari emas 18 karat. Kubah masjid ini ditopang dengan pilar yang juga dilapisi dengan emas. Ruang salatnya sendiri dibuat dengan warna monokrom dengan sentuhan krim.

Hal-hal yang serba megah ini lah yang membuat masjid ini begitu populer di Indonesia bahkan dunia. Maka tidak heran jika setiap hari banyak wisatawan lokal dan asing yang berziarah menuju Masjid Kubah Emas ini.

Demikianlah ulasan sejarah Masjid Kubah Dian Al Mahri yang merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia. Dari sejarah pembangunan masjid ini kita bisa belajar untuk bersedekah dan menginfakkan sebagaian harta kita, sama seperti Dian Al Mahri. Selain megah, tidak perlu diragukan lagi kalau masjid ini memiliki fasilitas unggulan, tak terkecuali karpet masjid super nyaman untuk kekhusyukan ibadah.

Leave a Reply