Mengenal Masjid Namira Lamongan Jawa Timur

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam. Sebagai agama mayoritas di Indonesia, tentu bukan menjadi yang sulit untuk menemukan masjid di berbagai tempat. Bahkan Anda juga dapat dengan mudah menemukan surau atau mushola dengan bangunan yang lebih kecil di area pedesaan.

Indonesia memiliki banyak sekali masjid yang dibangun dengan megah serta gaya arsitekturnya yang khas. Hal inilah yang membuat masjid menjadi objek wisata religi yang kerap kali dijadikan sebagai referensi rencana liburan. Biasanya masjid yang menjadi objek wisata adalah masjid agung ataupun masjid yang memiliki sisi historis terkait penyebaran agama Islam di Indonesia.

Ada banyak masjid-masjid besar yang bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Salah satunya adalah Masjid Namira Lamongan yang berada di Provinsi Jawa Timur. Masjid ini merupakan masjid termegah di Lamongan dengan adanya nuansa Masjidil Haram yang dimiliki oleh Masjid Namira ini.

Akibat kemegahan dan gaya arsitektur inilah yang membuat masjid ini tidak pernah sepi didatangi jamaah dan juga wisatawan yang menjadikan masjid ini sebagai objek wisata religi. Apabila dilihat sekilas, masjid ini lebih tampak seperti hotel dibandingkan sebuah masjid. Selain itu, masjid ini juga dilengkapi dengan fasilitas mewah yang tidak ditemukan pada masjid lainnya.

Masjid Namira Lamongan dibangun tahun 2013 dan dapat menampung hingga 2500 jamaah. Masjid ini miliki pasangan suami istri asal Lamongan, yakni Helmi Riza dan juga Eny Yuli Arifah. Dengan tujuan untuk memberi fasilitas terbaik bagi para jamaahnya, masjid ini berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia.

unsplash.com

Di bawah ini adalah beberapa fasilitas yang terdapat pada masjid indah dan megah ini.

Memiliki Nuansa Seperti di Masjidil Haram

Adanya kiswah, nama lain dari kain penutuh Ka’bah yang orisinil dari Masjidil Haram membuat banyak orang menyamakannya dengan masjid yang berada di Makkah tersebut. Kiswah ini terletak di suatu sudut dekat dinding mihrab imam yang dilindungi oleh kaca tebal.

Bagi Anda yang suka mengabadikan momen dengan berfoto, maka Anda dapat menjadikan spot ini sebagai lokasi foto yang baik. Banyak dari jamaah yang merasa penasaran dengan wujud asli dari kiswah Masjidil Haram ini. Oleh karena itu, tidak heran jika kiswah ini banyak diperbincangkan oleh orang-orang.

Dilengkapi dengan Fasilitas Air Minum dan Alat Sholat

Sering kali banyak jamaah yang mengeluh dengan alas sholat yang berbau apek ataupun terkesan lusuh. Namun, hal tersebut tidak akan Anda rasakan jika beribadah di masjid ini. Hal ini karena seluruh alat sholat yang tersedia di masjid ini selalu dibersihkan secara rutin sehingga layak digunakan untuk ibadah sholat.

Tidak hanya itu saja, masjid ini juga menyediakan air minum kemasan yang bisa diambil secara gratis. Bahkan uniknya masjid ini juga menyediakan kulkas bagi Anda yang senang dengan minuman dingin. Letak kulkas ini berada di dekat kiswah Masjidil Haram tersebut.

unsplash.com

Sarapan Gratis Setiap Hari Minggu

Tidak hanya air minum, masjid ini juga memberikan sarapan gratis setiap hari minggu kepada para jamaahnya. Pihak takmir masjid akan menggelar Warung Subuh Gratis atau yang biasa disebut Waras untuk membagikan makanan kepada jamaah selepas sholat subuh.

Menu yang ditawarkan pun sangat bervariasi dan jamaah bisa memilih menu sesuka hati. Selain itu, pihak takmir masjid juga menyediakan kopi, susu serta teh untuk melengkapi santapan sarapan para jamaah. Menyenangkan sekaligus mengenyangkan, bukan?

unsplash.com

Memiliki Program Beasiswa untuk Anak-Anak

Bagi anak-anak yang tinggal di sekitaran masjid, pasti sudah tidak asing dengan program beasiswa yang dimiliki oleh masjid ini. Tujuan diadakannya program beasiswa ini adalah agar anak-anak lebih rajin untuk melakukan sholat berjamaah di masjid. Selain itu, adanya program ini juga membuat anak-anak belajar untuk memperdalam agama Islam.

Prosedur untuk bergabung dengan beasiswa ini adalah nantinya anak-anak yang sholat harus melakukan presensi pada mesin untuk mendapatkan satu poin. Apabila dalam sebulan mereka bisa mengumpulkan 90 poin, maka akan Anda beasiswa berupa uang sebesar Rp100.000,-.

Tentunya keberadaan Masjid Namira ini sangat menarik masyarakat sekitar. Sama seperti masjid pada umumnya, masjid ini juga dilengkapi dengan karpet masjid sebagai alas untuk melakukan ibadah sholat. Saat ini ada banyak sekali toko yang jual karpet masjid di daerah Lamongan. Jadi, bagi Anda yang sedang butuh karpet masjid, Anda dapat mengunjungi toko tersebut.

Biasanya toko jual karpet masjid ini menjual dalam ukuran per meter yang bisa disesuaikan dengan luas dari masjid itu sendiri. Kini ada banyak sekali corak dan juga warna karpet yang tersedia. Harga dari tiap-tiap corak karpet masjid pun relatif terjangkau sehingga bisa disesuaikan dengan anggaran masjid.

Leave a Reply