Makan dan Manfaat Meja Makan

Tanpa perabot, apalah arti sebuah ruangan. Perabot seperti meja, kursi, lemari, kulkas dan perabot rumah tangga lainya memang wajib ada di setiap rumah. Perabot memiliki fungsi vital untuk membantu memudahkan aktivitas anda dirumah misalnya untuk menyimpan atau menaruh barang atau makanan.

Salah satu perabot yang wajib ada di rumah adalah meja makan. Bagi yang memiliki jiwa artistik dan hobi menata ruangan, meja tidak saja difungsikan sebagai tempat menaruh makanan. Tapi juga dinilai mampu memperindah interior. Sehingga mereka biasanya akan mengisi ruang makan dengan meja meja yang memiliki nilai artistik tertentu.

Mereka yang memang punya perhatian khusus terhadap keindahan ruang, biasanya memilih meja makan sesuai dengan ukuran ruangan, warna, bentuk hingga material tertentu secara detail dan tidak asal-asalan. Namun bagi yang tidak terlalu memedulikan nilai estetika meja makan, tidak salah juga memilih meja makan yang senantiasa memberikan kesan rapih dan mudah dibersihkan.

unsplash.com

Model Meja Makan

Ada banyak sekali model meja makan. Mulai dari bentuk yang bundar, oval, persegi, persegi panjang dan lain lain. Meja makan juga banyak sekali variasinya. Seperti meja kayu, meja makan metal, meja makan kaca, meja makan marmer dan lain lain. Anda yang punya jiwa artistik dan suka menata ruangan, pasti selalu memerhatikan model meja makan yang sesuai kondisi ruangan anda.

Bagi yang ruang makanya tidak terlalu luas, bisa memilih meja makan yang tidak terlalu makan tempat. Seperti meja minimalis. Selain ukuranya relatif kecil, meja minimalis memberi kesan rapih, namun elegan.

Jika rumah anda cukup lega, menggunakan meja berbentuk persegi atau persegi panjang bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, meja dengan ukuran ini dapat memadai untuk beberapa orang. Cocok untuk keluarga besar, dengan meja ini, kebersamaan bersama orang tercinta lebih maksimal diruang makan.

Atau jika anda suka bentuk yang antimainstream, bisa memilih jenis meja Free Form. Meja makan kayu ini unik, karena terbuat dari bahan kayu langsung. Bentuknya pun disesuaikan bentuk kayu aslinya namun tetap bisa untuk menaruh makanan.

Makna Meja Makan

Apa makna dan manfaat meja makan ? Perabot satu ini bukan sekedar benda pelengkap dirumah anda. Serta tidak hanya berfungsi untuk menaruh makanan semata. Lebih dari itu, meja makan memiliki makna penting dan mengandung filosofi tertentu. Bahkan, pada beberapa tradisi dan kebudayaan, meja makan merupakan simbol-simbol persatuan dan simbol kebersamaan yang keberadaanya wajib ada.

unsplash.com

Manfaat makan di meja makan

Dijaman sekarang, ketika kita disibukan dengan berbagai aktivitas dan gadget masing-masing.

seringkali kita melewatkan momen momen penting dan berharga, salah satunya momen makan bersama keluarga dan orang orang tercinta.

  • Untuk mengembalikan momen momen kebersamaan yang mulai luntur ini, salah satunya bisa dilakukan dengan makan bersama di meja makan. Apa saja manfaat makan dimeja makan bersama keluarga dan orang orang tercinta?
  • komunikasi lebih intens : Makan di meja makan bareng keluarga, memungkinkan terciptanya komunikasi cair dan hangat. Sambil menikmati makanan yang tersaji, setiap anggota keluarga bisa saling menunjukan rasa kasih sayang kepada anggota keluarga lainya lewat komunikasi bermakna di meja makan. Ini akan menumbuhkan kebersamaan yang hangat.
  • Bertukar Informasi : makan bareng sahabat, rekan sekerja atau rekan bisnis di meja makan dirumah anda, memungkinkan terciptanya suasana lebih dekat. Bahkan anda bisa bertukar informasi
  • penting dan berat seperti informasi bisnis, berita hari ini dan informasi penting lainya. Di meja makan, anda bisa bertukar informasi penting apa saja dengan rekan anda, tentu saja, dengan cara yang lebih hangat dan lebih dekat.
  • Makan bersama, belajar menjaga etika : makan bersama di meja makan, bisa menjadi kesempatan belajar etika makan yang baik, menunjukan table manner yang benar serta belajar etika berbicara ketika makan dan lain lain.
  • Mendidik dan Melatih anak mandiri : jika anda sudah berkeluarga dan memiliki anak. Makan bersama mereka di meja makan dapat melatih kemandirian anak-anak sekaligus mengajari mereka cara menyajikan makanan yang benar. Para ibu juga bisa memberikan ilmu dasar memasak kepada anak anak.
unsplash.com

Anda perlu melibatkan keluarga misalnya ketika merencanakan menu, belanja kebutuhan dapur, serta persiapan memasak, libatkanlah anak anda. Jika anak anda belum sekolah, misalnya. Anda bisa melibatkanya melakukan beberapa hal.

Seperti menuang susu, mengaduk mentega dan kegiatan ringan lainya. Dengan komunikasi yang hangat, hal ini akan membuat anak anak senang karena belajar hal baru. Serta bisa meningkatkan partisipasi  dan melatih kemandirian mereka.

Jika anak anda remaja, anda bisa melibatkanya untuk melakukan beberapa hal. Seperti memotong daging, mencincang, memanggang atau menggoreng. Melibatkan anak remaja pada hal ini, akan membantu mereka memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan. Serta melatih kemandirian dan kerjasama.

Makan bersama menghindarkan anak dari tingkah buruk : Menurut  penelitian, makan bersama keluarga dan (anak) secara teratur, dapat mencegah tingkah laku buruk anak. Lakukan makan bersama setidaknya lima kali dalam seminggu.

Hal ini karena, dengan rutin makan bersama anak, orang tua akan lebih intens berkomunikasi dengan si anak. Orang tua dapat memberikan informasi berguna bagi mereka untuk menghindari berbagai hal negatif. Komunikasi intens tapi cair di meja makan, akan lebih mudah diterima si anak. Mereka pun akan menuruti orang tuanya untum selalu melakukan kegiatan kegiatan positif. Meski jadwal pekerjaan orang tua padat, usahakan agar rutin makan bersama anak.

Leave a Reply