Mengenal Lebih Jauh Jenis Kadal Gurun Dan Ciri-Cirinya

Sesuai namanya, kadal gurun merupakan kadal yang tinggal di gurun atau padang pasir. Mereka adalah spesies kadal yang telah beradaptasi dengan kehidupan di habitatnya, yakni gurun pasir. Mempunyai tampilan fisik yang terlihat sangar, kadal ini umumnya memiliki kulit bersisik serta bertanduk. Selain itu, spesies kadal yang hidup di gurun ini juga memiliki ciri yang membedakannya dari kadal lainnya.

Beberapa kadal gurun memiliki jari-jari berumbai sisik yang berguna untuk membantu berjalan di atas pasir tanpa tenggelam. Pada jenis kadal penggali gurun, di kelopak mata mereka terdapat sisik yang akan melindungi mata tetapi tidak menghalangi pandangan mereka. Kulit bersisik pada kadal ini tidak tumbuh seiring dengan bertambahnya usia, kebanyakan mereka melepaskan atau berganti kulit dalam serpihan besar.

Makanan kadal ini sangat bervariasi, mulai dari serangga seperti jangkrik, kepik, lalat, belalang hingga kumbang, cacing, hewan-hewan kecil dan beberapa tanaman. Dalam mencari mangsa, kadal ini biasanya akan bersembunyi dengan mengubur diri di dalam pasir. Hingga saat mangsanya lewat maka ia akan langsung menangkapnya. Kadal gurun ini sendiri, banyak ditemukan di area pasir yang lunak.

Leave a Reply