Cara Menonaktifkan Instagram Sementara

Ada kalanya Anda tidak ingin teman-teman Anda untuk melihat profil Instagram Anda. Atau, bisa juga Anda ingin berhenti dulu main media sosial, sehingga Anda ingin menonaktifkan Instagram untuk sementara waktu. Pada dasarnya, Anda bisa menghapus aplikasi Instagram di ponsel Anda, agar Anda tidak bisa mengakses platform media sosial satu ini sedetik ‘pun. Namun dengan menghapus aplikasi IG di ponsel tidak serta merta menghilangkan profil Instagram Anda dari teman-teman Anda. Jadi jika Anda ingin menyembunyikan profil, foto, komentar, dan lainnya, maka opsi yang paling tepat yaitu menonaktifkannya sementara waktu.

Panduan Menonaktifkan Instagram Sementara Waktu

Masalah privasi ini memang menjadi alasan utama mengapa seseorang memilih untuk menonaktifkan akun Instagram sementara. Untuk meningkatkan privasi, beberapa orang memilih untuk menjadikan akun Instagram sebagai akun privat. Namun jika Anda tidak ingin ada interaksi sama sekali, maka menggunakan akun privat bukan pilihan yang tepat. Tentu pilihan yang paling tepat yaitu menonaktifkan Instagram sementara saja. Dengan menonaktifkan akun IG untuk sementara waktu, Anda tidak kehilangan foto, video, dan informasi profil, jadi tetap aman tentunya.

pexels.com

Kami sarankan Anda untuk tidak menonaktifkan Instagram secara permanen, karena Anda tidak akan bisa mengakses kembali akun IG Anda selama-lamanya. Jadi pilihan yang paling cerdas tentunya yaitu menonaktifkan untuk sementara. Sebagai informasi, jika Anda butuh tips atau saran terkait bisnis di Instagram, Anda bisa mengunjungi Mogloger.

 

Perlu Anda ketahui, cara menonaktifkan Instagram sementara hanya bisa dilakukan lewat Instagram versi browser. Ya betul sekali, Anda tidak akan menemukan opsi “Temporarily disable my account” di aplikasi Instagram Android atau iOS. Nah panduan lengkapnya bisa Anda cek di bawah ini:

  1. Untuk mengakses Instagram versi website, tentunya Anda mesti masuk ke browser yang ada di ponsel Anda. Anda bisa menggunakan browser apapun seperti Google Chrome, Opera, Safari, dan lainnya.
  2. Setelah itu ketikan ‘instagram.com/accounts/edit’ di browser.
  3. Jika sebelumnya Anda sudah log in, maka Anda bisa langsung masuk ke menu ‘Edit Profile’. Jika belum log in, maka log in dulu dengan memasukan username dan password Anda. Nah setelah berada di profil Instagram Anda, maka klik ‘Edit Profile’.
  4. Nah setelah itu, coba scrolling ke bagian paling bawah, lalu klik ‘Temporarily disable my account’.
  5. Nah setelah itu Anda mesti menjawab pertanyaan ‘Why are you disabling your account?’ yang artinya yaitu mengapa Anda menonaktifkan akun Anda? Nah ada beberapa opsi jawaban yang disediakan oleh Instagram, pilih yang sekiranya cocok dengan alasan Anda. Misalnya jika Anda ingin break untuk sementara waktu, maka pilihlah opsi ‘Just need a break’.
  6. Setelah Anda menentukan alasan, maka langkah selanjutnya yaitu memasukan password.
  7. Jika Anda sudah yakin, maka klik ‘Temporarily Disable Account’, lalu diteruskan dengan mengklik ‘Yes’ yang berarti Anda sudah memutuskan untuk menonaktifkan akun IG untuk sementara waktu.
pexels.com

Setelah itu maka Anda akan langsung log out dari Instagram, yang berarti akun IG Anda tidak bisa diakses. Untuk mengetesnya, Anda gunakan akun Instagram yang lain, lalu cari username Anda di kolom pencarian. Anda tidak akan menemukan akun Instagram Anda karena memang dinonaktifkan sementara. Lalu bagaimana caranya Anda mengembalikan akun Instagram Anda? Caranya sangat simpel, Anda bisa mengikuti panduannya di bawah ini:

  1. Pertama, buka dulu aplikasi Instagram di smartphone Anda.
  2. Nah di laman log in, masukan username dan password yang terkait dengan akun IG yang Anda nonaktifkan.
  3. Setelah itu tinggal klik ‘log in’, dan Anda ‘pun berhasil mengaktifkan kembali akun Instagram Anda.
pexels.com

Perlu Anda ketahui, setelah Anda menonaktifkan akun Instagram sementara waktu, maka dibutuhkan waktu 24 jam agar Anda bisa mengaktifkannya kembali. Jadi jangan coba-coba mengaktifkan kembali akun IG Anda, jika baru beberapa jam saja setelah dinonaktifkan. Sebagai tambahan, kemudahan untuk menonaktifkan dan mengaktifkan kembali tidak berlaku jika Anda menghapus akun IG secara permanen. Jika Anda menghapus Instagram permanen, baik itu sengaja atau tidak disengaja, Anda tidak akan bisa mengaktifkannya kembali.

Nah itulah cara menonaktifkan Instagram sementara, bagaimana simpel bukan? Ya, Anda dapat dengan mudah menonaktifkan akun IG dan mengaktifkannya kembali. Namun sebagai catatan, sebaiknya Anda pikir-pikir dulu deh jika ingin menonaktifkan akun, agar tidak menyesal di kemudian hari.

 

 

Leave a Reply