Tip dan Cara Agar Mesin Cuci Hemat Listrik

Aktivitas mencuci pakaian atau baju merupakan salah satu budaya dan tradisi dalam peradaban umat manusia dan akan terus dilakukan dari masa ke masa. Pada zaman dahulu, mencuci pakaian dilakukan dengan alat berupa papan penggilasan yang terbuat dari kayu.

Itu merupakan cikal bakal dari mesin cuci. Setelah fase penggilas kayu terlewati, muncul mesin dengan ukuran raksasa yang terbuat dari kayu. Kemudian berkembang lagi menjadi mesin cuci yang lebih modern, namun bagian dari mesin cuci tersebut antara pencucian dan pengeringan masih terpisah.

Setelah itu barulah muncul mesin cuci yang kamu gunakan di zaman sekarang, yaitu ada yang satu tabung dan ada yang dua tabung. Mesin cuci di zaman sekarang terbilang cukup praktis digunakan. Beberapa mesin cuci malah sudah menerapkan teknologi yang akan mengeringksn baju atau pakaian mu dalam mesin cuci tersebut.

Meski terbilang cukup mudah dan praktis digunakan, akan tetapi mesin cuci malah kadang membuat tagihan listrik bulanan menjadi naik dan membengkak. Hal itu disebabkan karena mesin cuci menyerap daya listrik yang besar.

Tapi kamu tak usah khawatir, kami akan memberikan beberapa tips penghematan mesin cuci agar biaya listrik bulanan mu tidak terlalu besar dan tinggi.

pxhere.com

Tips Agar Mesin Cuci Hemat Listrik

Berikut ini beberapa tips menghemat mesin cuci agar listrik tidak terlalu membengkak dan tinggi. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini :

1. Gunakan air yang dingin

Ketika kamu ingin mencuci pakaian atau baju pada mesin cuci, alangkah baiknya gunakan air yang dingin. Karena hal tersebut akan dapat menghemat konsumsi energi listrik.

2. Siklus mesin cuci

Kamu harus mengatur siklus mesin cuci milik mu agar bisa menghemat konsumsi energi listrik ketika menggunakan mesin cuci.

3. Deterjen

Ada baiknya kamu gunakan merk deterjen yang cocok jika digunakan dalam mesin cuci. Sekarang sudah banyak sekali merk deterjen yang cocok untuk mesin cuci. Kamu tinggal pilih yang menurut mu paling bagus saja, bung dan nona.

4. Mengeringkan baju

Ada baiknya kamu melakukan pengeringan baju dengan cara alami saja, yaitu menggunakan bantuan sinar matahari. Karena jika menggunakan mesin cuci, maka akan membuat biaya listrik mu naik dan tinggi di setiap bulannya.

pxhere.com

5. Rooftop Solar Panel

Dengan menggunakan Rooftop Solar Panel, pengeluaran bulan untuk membayar listrik dijamin akan menurun. Karena energi listrik dihasilkan dari energi matahari.

Itulah beberapa tips dalam menghemat pemakaian listrik ketika menggunakan mesin cuci.

Jika kamu sudah menerapkan cara diatas namun masih saja pengeluaran listrik bulanan mu besar, mungkin kamu salah dalam memilih mesin cuci. Nah, jika kamu ingin membeli mesin cuci, ada baiknya kamu ikuti beberapa tips yang akan kami berikan di bawah ini.

Tips Membeli Mesin Cuci

Sebelum membeli mesin cuci, ada baiknya kamu perhatikan beberapa aspek berikut yang ada pada mesin cuci tersebut.

  1. Kapasitas dari mesin cuci tersebut
  2. Proses oemanasan air
  3. Berapa air yang dibutuhkan mesin cuci tersebut
  4. Proses pengeringan di mesin cuci
  5. Daya listrik yang dibutuhkan oleh mesin cuci tersebut.

Itulah beberapa tips yang harus kamu gunakan sebelum membeli sebuah mesin cuci.

Jika kamu bingung dalam membeli mesin cuci yang bisa hemat listrik, berikut akan kami berikan rekomendasi beberapa merk mesin cuci yang hemat listrik. Apa saja merk mesin cuci yang hemat listrik tersebut?

pxhere.com

Merk Mesin Cuci Hemat Listrik

Simak penjelasan dari artikel di bawah ini, jika kalian mencari mesin cuci hemat listrik :

1. Mesin cuci merk Samsung WD10K6410OX

Mesin cuci hemat pemakain listrik yang kami rekomendasikan pertama adalah mesin cuci dengan merk Samsung WD10K6410OX. Mesin cuci Samsung WD10K6410OX ini memiliki fitur unggulannya, yaitu fitur Airwash. Fitur Airwash ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau apek yang membandel dipakaian atau baju milik mu.

2. Mesin Cuci merk Aqua FQW-1010QD

Mesin cuci hemat listrik berikutnya yang kami rekomendasikan adalah mesin cuci merk Aqua FQW-1010QD. Mesin cuci merk Aqua FQW-1010QD ini mampu memuat pakaian sampai dengan kapasitas 8,5 kg. Mesin cuci Aqua FQW-1010QD ini bisa juga di gunakan untuk mencuci pakaian atau baju yang terbuat dari bahan dasar kain wool yang tebal.

3. Mesin Cuci merk Sanken AW-S830

Mesin cuci hemat listrik berikutnya adalah merk Sanken AW-S830. Mesin cuci Sanken AW-S830 ini mampu memuat sampai dengan kapasitas 7 kg. Sanken AW-S830 ini memiliki banyak fitur dan spesifikasi yang berkualitas tinggi.

4. Panasonic NA-W97BC1

Mesin cuci hemat energi listrik berikutnya yang kami rekomendasikan adalah mesin cuci dengan merk Panasonic NA-W97BC1. Mesin cuci Panasonic NA-W97BC1 ini memiliki dua tabung. Mesin cuci ini bisa juga untuk mencegah bakteri atau jamur yang bisa menyebabkan pakaian menjadi bau. Karena mesin cuci ini dilengkapi dengan bahan dari anti bakteri, yaitu ion Ag+ di area pulsator. Mesin cuci merk Panasonic NA-W97BC1 ini juga dilengkapi dengan fitur super soakmatic yang berfungsi untuk melakukan perendaman baju atau pakaian secara otomatis.

Nah, itulah sekilas tentang sejarah mesin cuci, tips menghemat dan membeli mesin cuci, serta merk mesin cuci yang hemat energi.

Leave a Reply