Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga

Motor yang menggunakan mesin 2 tak memiliki keunggulan dalam hal tenaga yang dihasilkan serta kecepatan responnya. Keunggulan serta kelebihan tersebutlah yang membuat motor 2 tak begitu digemari oleh masyarakat. Jika motor 2 tak tidak lagi bertenaga, alih-alih motor 2 tak dapat menghasilkan tenaga yang besar motor justru hanya boros dalam pemakaian bahan bakar.

Karena itulah perlu diketahui penyebab motor 2 tak tidak lagi bertenaga serta bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki permasalahan tersebut. Beberapa faktor penyebab motor 2 tak tidak bertenaga di antaranya usia sepeda motor, kurang perawatan, pilot jet bermasalah, filter udara mesin yang kotor, sepul yang sudah lemah dan oli motor yang tidak diganti.

ilustrasi (photo: pixabay.com)
  1. Usia sepeda motor

Kekurangan sepeda motor dengan mesin 2 tak salah satunya adalah gas buang yang dihasilkan berwarna pekat sehingga berpotensi mencemari udara. Akibatnya, dikeluarkanlah peraturan tentang standar emisi sepeda motor oleh pemerintah pada tahun 2005 lalu. Sepeda motor yang menggunakan mesin 2 tak dinilai tidak dapat memenuhi standar emisi.

Karena itulah sepeda motor yang menggunakan mesin 2 tak kini tak lagi diproduksi. Artinya, besar kemungkinannya bahwa saat ini sepeda motor yang menggunakan mesin 2 tak telah berusia tua. Mesin yang sudah berumur tentu akan berkurang kondisinya sehingga wajar saja jika motor 2 tak yang berusia tua sudah tak lagi bertenaga.

  1. Kurang perawatan

Selain karena faktor usia, motor 2 tak yang tidak lagi bertenaga juga dapat disebabkan karena kurangnya perawatan. Sebagai tipe motor yang tidak lagi diproduksi, sebagian besar motor 2 tak yang ada sekarang ini kemungkinan usianya sudah tua. Seiring dengan bertambahnya usia mesin, perawatan yang dibutuhkan justru semakin intensif.

Dengan melakukan perawatan secara intensif, mesin 2 tak yang sudah tua akan dapat dipertahankan fungsinya. Dengan perawatan yang intensif, setiap kali ada gangguan atau masalah yang muncul pada mesin, masalah tersebut dapat segera diketahui dan diatasi sehingga tenaga motor 2 tak dapat dijaga atau dipertahankan.

  1. Pilot jet bermasalah

Pilot jet adalah komponen yang fungsinya untuk mengalirkan bahan bakar saat rpm rendah menuju ke rpm menengah. Masalah yang paling sering menimpa pilot jet adalah kotoran yang menumpuk pada bagian pilot jet ini. Pilot jet yang bermasalah dapat menyebabkan motor 2 tak menjadi tidak lagi bertenaga.

Karena itulah pemilik motor 2 tak harus sering-sering membersihkan pilot jet agar motor 2 tak yang umumnya sudah tua dapat dipertahankan tenaganya. Gantilah pilot jet jika komponen yang satu ini mengalami kerusakan.

  1. Filter udara mesin kotor

Lubang saluran udara pada mesin dapat tertutup karena kondisi filter udara yang kotor. Kondisi tersebut dapat menyebabkan udara kesulitan untuk masuk ke dalam mesin. Udara adalah bahan penting yang dibutuhkan dalam proses pembakaran bahan bakar. Karena itulah jika udara kesulitan untuk masuk ke dalam mesin, maka motor 2 tak tidak lagi bertenaga.

Proses pembakaran yang terhambat selain membuat motor 2 tak tidak lagi bertenaga, juga dapat menyebabkan mesin motor 2 tak menjadi lebih cepat panas. Untuk itu, filter udara harus dijaga agar tetap bersih agar proses pembakaran bahan bakar yang terjadi tidak terhambat.

ilustrasi (photo: pixabay.com)
  1. Sepul yang sudah lemah

Penyebab motor 2 tak tidak bertenaga salah satunya adalah sepul yang sudah lemah. Sepul merupakan suatu komponen dalam mesin 2 tak yang berfungsi dalam proses pembakaran, yaitu sebagai pusat api. Apabila sepul melemah, tentu proses pembakaran akan terhambat dan menjadi tidak sempurna.

Akibatnya, energi atau tenaga yang dihasilkan dari proses pembakaran bahan bakar pun akan berkurang. Dengan begitu, mesin motor menjadi kekurangan tenaga. Jika dibiarkan terus dan tidak juga diperbaiki, mesin motor akan menjadi tidak bertenaga sama sekali. Karena itulah motor 2 tak harus segera diperbaiki saat sepul melemah.

  1. Oli motor yang tidak diganti

Oli mesin merupakan komponen penting yang berfungsi untuk melumasi serta melindungi berbagai komponen mesin agar tidak aus. Oli memiliki masa pakai tertentu sehingga harus sering diganti. Oli yang tidak diganti dapat menyebabkan motor cepat panas dan performa tarikannya berkurang.

Bagi Anda yang ingin menjadi mekanik, informasi tentang faktor-faktor yang menyebabkan motor 2 tak tidak lagi bertenaga harus dimiliki. Untuk mendapatkan pengetahuan serta informasi tersebut, Anda dapat mengikuti kursus mekanik misalnya HMMC yang merupakan singkatan dari Hendriansyah Mechanical Motor Course.

Dengan bantuan HMMC, Anda dapat mempelajari ilmu mekanik baik teori secara praktik meskipun Anda belum memiliki pengetahuan sama sekali tentang permesinan. Lembaga kursus ini juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap termasuk mess gratis bagi peserta dari luar kota.

 

Leave a Reply