Perhatikan Apa Saja Dampak Pencemaran Tanah

Zaman memang semakin maju namun sayangnya alam semakin tidak terurus. Pencemaran tanah terus menerus terjadi dan sudah sangat memprihatinkan saat ini tanpa melihat dampak serius dari hal tersebut. Perlu diketahui inilah bahaya dari pencemaran tanah.

Dampak Negatif Pencemaran Tanah

Kesuburan Tanah Semakin Menurun

Dampak secara langsung dari pencemaran tentunya adalah menurunnya kualitas dari tanah itu sendiri. Padahal hampir semua jenis tumbuhan yang menopang kehidupan manusia hidup di atas tanah dan membutuhkan makanan dari dalamnya. Bayangkan apa jadinya kalau tanah sudah tidak subur lagi maka tumbuhan juga akan sulit hidup.

Memicu Pencemaran Udara

Tanah yang tercemar dan menjadi rusak akan memicu terjadinya pencemaran pada udara. Zat-zat racun yang berada di dalam tanah lambat laun akan menguap dan menyebar melalui udara. Selain itu dengan rusaknya tanah maka tumbuhan tidak bisa hidup dengan baik sehingga tidak bisa membantu mengubah CO2 menjadi oksigen.

Menimbulkan Penyakit

Tanah yang sudah tercemar menjadi tempat tumbuhnya bakteri patogen yang bisa merusak kesehatan manusia. Jika dibiarkan begitu saja maka akan memicu datangnya penyakit yang serius.

 

 

 

Leave a Reply