Menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat Dalam Keseharian

Menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat memang harus diterapkan dan dilatih sejak masih kecil agar saat sudah dewasa menjadi terbiasa menerapkan pola hidup yang sehat dan bersih juga.

Selain itu jug, kesadaran masyarakat mengenai kehidupan yang sehat dan bersih semakin tinggi sehingg saat ini banyak sekali bacaan atau wacana mengenai anjuran pola hidup sehat dan bersih yang bisa dilakukan kapan saja bahkan saat masih kecil.

Dalam hantubaca.com bisa ditemukan banyak bacaan yang mengajarkan beragam kebiasaan sehat yang dianggap kecil dan sepele namun memiliki arti penting dalam kehidupan.

Dengan menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat, bukan hanya memberikan efek positif bagi tubh sendiri saja tetapi juga dapat menjadi motivasi atau contoh bagi orang lain agar bisa menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat bagi tubuh.

Untuk dapat hidup bersih sehat tentu banyak hal yang harus dilakukan dan pola yang harus dibiasakan bahkan harus diterapkan saat dini agar seterusnya bisa menjalani kehidupan yang bersih dan juga sehat.

Hidup dalam kehidupan yang bersih dan sehat menjadikan tubuh terhindar dari segala penyakit akibat visru atau bakteri yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu juga, pola hidup bersih dan sehat menjadi contoh yang bagus bagi anak-anak agar terhindar dari segala penyakit dan tumbuh menjadi pribadi yang baik karena tumbuh pada lingkup kelurga yang terbiasa menjalankan atau menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk bisa menjalani pola hidup bersih sehat agar terhindar dari segala penyakit.

Pola Hidup Bersih Sehat Dalam Lingkungan Keluarga

pixabay.com

Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan

Biasakan menerapkan kebiasaan bersih seperti mencuci tangan baik sebelum makan maupun sesudah makan meskipun kita makan menggunakan peralatan makan karena bakteri bisa saja menempel pada peralatan makan atau benda manapun yang terbiasa disentuh dengan tangan.

Terapkan kebiasaan mencuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir dan juga menggunakan sabun pembersih yang aman digunakan bagi kulit serta teruji klinis agar terhindar dari kuman dan bakteri yang dapat masuk ke mulut secara mudah.

Bersihkan alam makan sebelum dan sesudah makan

Membersihkan dan membereskan alat makan sebelum dan sesudah makan menjadi salah satu pola hidup bersih dan sehat. Peralatan makanan merupakan benda yang paling banyak ditempeli bakteri dan kuman yang bisa saja langsung masuk kedalam mulut dan tubuh karena digunakan untuk makan.

Rajin membersihkan rumah

Rumah menjadi kediaman yang ditempati dalam jangka waktu lama. Pada setiap sudut rumah pasti terdapat bakteri dan kuman yang siap mengancam kehidupan keluarga anda.

Oleh karena itu, rajinlah melakukan pembersihan rumah setiap harinya dengan cara menyapu, mengepel, dan membersihkan setiap sudut ruangan agar tidak ada kuman, bakteri, bahkan virus yang betah menetap disitu. Rumah yang jarang dibersihkan tentunya memiliki sirkulasi udara yang buruk karena banyak debu yang menumpuk dan mudah menyebabkan sakit bagi penghuninya.

Mencuci buah dan sayur

Meskipun buah dan sayur yang dibeli disimpan dalam lemari pendingin, namun akan lebih baik jika sebelum mengkonsumsinya terlebih dahulu dicuci bersih agar bakteri dan kuman yang menempel dapat larut dalam air. Selain itu, mencucui buah dan sayuran sebelum dikonsumsi menjadikan buah dan sayuran menjadi lebih bersih dan aman dikonsumsi begitu saja.

Merebus air hingga matang

Air merupakan media yang rentan dihuni oleh banyak bakteri dan kuman yang dapat membuat sakit perut. Apabila anda akan membuat air panas untuk minuman hangat, pastikan anda merebuh air tersebut hingga matang agar membunuh kuman dan baktei penyebab sakit perut.

Menerapkan Pola Hidup Sehat Bersih Pada Anak

pixabay.com

Ajarkan rajin mencuci tangan

Mencuci tangan menjadi salah satu kebiasaan yang bisa diajarkan sejak usia dini. Bahkan di sekolah juga selalu mengajarkan anak untuk selalu mencuci tangan sebelum maupun sesudah makan.

Tangan akan selalu menyentuh banyak hal sehingga tidak tahu dimana bagian yang terdapat bakteri dan kuman. Terutama pada anak-anak yang selalu bermain dengan bebas dan terbiasa makan menggunakan tangan langsung. Oleh karena itu, biasakan anak untuk mencuci tangan agar terhindar dari virus dan bakteri penyebab sakit perut.

Berikan sayur dan buah

Pertumbuhan anak merupakan masa yang penting dalam hidup sehingga anak membutuhkan asupan gizi yang seimbang. Berikan asupan gizi yang seimbang untuk anak dengan memberikan sayur dan buahan yang seimbang disertai cemilan yang sehat juga agar daya tubuh anak semakin kuat dan perkembangannya semakin pesat.

Hindarkan jajanan pinggir jalan

Anak memang mudah tergoda dengan jajanan yang dijual dipinggir jalan yang belum tentu bersih terutama berada dipinggir jalan dan bisa saja sudah terkena debu jalanan. Apabila anak mengkonsumsi jajanan pinggir jalan secara sembarangan, dapat menyebabkan sakit perut bahkan hal buruk yang menimpa tubuh serta perkembangannya.

Oleh karena itu, biasakan anak untuk tidak membeli jajan di pinggir jalan dengan selalu menyediakan cemilan sehat bernutrisi yang enak juga untuk dirumah maupun dibuat bekal saat anak berangkat ke sekolah. Hal tersebut menjadi salah satu cara menerapkan pola hidup bersih sehat bagi anak.

Leave a Reply