Apakah Produk Nasa Sudah Terdaftar di BPOM? Ini Jawabannya

Mungkin akhir-akhir ini Anda sering lihat postingan di media sosial tentang berbagai produk dari Nasa? Atau mungkin Anda juga menemukan di beberapa e-commerce yang menjual Nasa? Iya berbagai produk dari Nasa memang saat ini menjadi salah satu trending di media sosial. Hal tersebut karena memang produk-produk dari Nasa lebih banyak dipasarkan melalui distributor-distributor secara langsung. Iya jadi tak heran jika Anda sering melihat postingan di media sosial tentang produk-produk dari Nasa.

Nasa sendiri merupakan nama populer dari PT Natural Nusantara yang merupakan perusahaan yang menawarkan berbgai produk yang dibuat dari bahan organik herbal yang dibuat langsung oleh anak-anak bangsa. Nasa sendiri memiliki banyak produk mulai dari produk kesehatan, produk pertanian, produk kecantikan, dan lain sebagainya. Yang jelas berbagai produk dari Nasa tersebut memang saat ini cukup populer.

Nah mengingat saat ini cukup marak yang namanya produk-produk palsu yang membahayakan bagi kesehatan, tentu Anda pun tidak boleh sembarangan dalam memilih produk. Pastikan Anda memilih produk yang bagus dan aman. Salah satu tanda yang bisa Anda jadikan patokan bahwa produk tersebut aman atau tidak adalah dengan cara melihat apakah dalam produk tersebut sudah tertela label BPOM. Apabila produk tersebut memang sudah mengantongi ijin dari BPOM, produk tersebut maka bisa dikatakan aman untuk dikonsumsi.

unsplash.com

Cara Mengecek Produk yang Sudah Terdaftar di BPOM

Tentu kita sudah sama-sama tahu bahwasannya saat ini cukup banyak produk-produk yang beredar bebas dipasaran mulai dari obat, kosmetik, makanan, dan lain sebagainya. Nah pernah kah Anda mendengar berita tentang bahaya produk sembarangan? Untuk itu pastinya Anda harus menjadi pembeli yang cerdas dengan tidak membeli produk-produk sembarangan.

Ditengah maraknya dunia maya saat ini memang tidak menutup kemungkinan bahwa berbagai produk bisa dijual secara bebas dipasaran. Untuk itu pastikan Anda harus berhati-hati dan teliti dalam membeli produk-produk yang beredar. Nah salah satu cara yang paling tepat untuk membedakan apakah produk tersebut berbahaya atau tidak, maka Anda dapat mengecek apakah produk tersebut telah terdaftar dalam BPOM RI atau tidak.

BPOM RI sendiri merupkan Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia yang mana salah satu fungsinya adalah memberikan label pada sebuah produk sebagai tanda bahwa produk tersebut aman untuk digunaka. Pada umumnya label dari BPOM tertera pada kemasan sebuah produk yang bisa Anda lihat secara langsung. Nah pada label BPOM yang tertera pada kemasan, Anda akan menemukan berbagai kode, adapun maksud dari kode-kode atau nomor registrasi dari BPOM yaitu sebagai berikut:

unsplash.com
  • CA          : Kode untuk kosmetik dengan tanda notifikasi.
  • NA          : Untuk kosmetik atau obat yang dijual secara online.
  • SI            : Untuk suplemen produksi dalam negeri.
  • SD           : Untuk suplemen produksi dalam negeri.
  • CD          : Untuk kosmetik dalam negeri.
  • CL           : Untuk kosmetik impor.
  • TI            : Obat tradisional Import.
  • TR           : Obat tradisional produk dalam negeri.
  • ML          : Makanan impor.
  • MD         : Makanan produk dalam negeri.

Nah karena saat ini sudah serba canggih, maka bukan tidak mungkin label dari BPOM pun akan dipalsukan. Iya dengan kode-kode tersebut Anda dapat mengidentifikasi label pada sebuah produk. Apabila sudah tidak sesuai dengan kode tersebut, maka kemungkinan produk tersebut merupakakn produk yang palsu. Selain itu, Anda juga dapat melihat apakah sebuah produk sudah resmi mendapat label dari BPOM dengan beberapa cara salah satunya adalah dengan mengeceknya melalui situs resmi dari BPOM.

Cara yang paling mudah apakah label BPOM pada sebuah produk itu asli atau tidak, Anda dapat mengecek langsung melalui situs BPOM. Caranya yaitu dengan masuk ke situs resmi BPOM di http://cekbpom.pom.go.id. Kemudian langkah selanjutnya Anda dapat mencari produk berdasarkan nomor registrasinya yakni dengan memasukkan kata kunci yakni kode BPOM yang tertera pada kemasan tersebut. Nah jika hasil pencarian tersebut mucul, maka produk tersebut asli, dan jika tidak maka produk tersebut hanya memasang label BPOM palsu.

unsplash.com

Apakah Produk Nasa Sudah Terdaftar di BPOM

Lalu apakah produk nasa sudah terdaftar di BPOM? Mungkin pertanyaan tersebut sering muncul dibenak orang belum mengenal apa itu Nasa. Iya perlu diketahui bahwasannya PT Natural Nusantara atau yang populer dengan nama Nasa menghadirkan berbagai produk yang diproduksi dengan berbagai prosedur serta proses yang teliti dan pastinya aman. Kemudian sebelum melakukan pemasaran terhadap produknya, Nasa jugatelah melewati lulus uji serta telah mendapatkan sertifikat resmi dari BPOM dan MUI.

Bukan hanya satu dua produk saja, melainkan seluruh produ dari Nasa memang telah mengantongi sertifikat BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Iya semua produk-produk dari NASA telah melewati pengujian yang ketat dari team ahli selama masa produksi. Selain itu produk dari Nasa yang dibuat dari bahan-bahan tebaik ini juga telah mengantongi seritifkat Halal dari MUI (Majelis Ulama’ Indonesia), jadi tentunya produk-produk dari Nasa aman untuk digunakan. Untuk itu, tentu Anda tidak perlu khawatir dalam menggunakan produk-produk dari Nasa.

Leave a Reply