Penjelasan Penggunaan Tombol Pada Remote AC Daikin

AC atau Air Conditioner memiliki fungsi sebagai pendingin atau penyejuk pada sebuah ruangan. Selain sebagai pendingin, AC juga memiliki fungsi supaya menghasilkan udara yang lebih bersih dan steril dari debu atau kotoran. Salah satu brand AC terbaik yang di rekomendasikan adalah Daikin.

Produk AC Daikin ini menjadi favorit banyak orang dan terbukti memiliki kualitas yang terbaik dan Harga AC Daikin 2020 juga sangat murah dan terjangkau. Biasanya, jika kamu membeli produk AC Daikin maka kamu akan mendapatkan remote untuk mengatur AC tersebut.

Cara menggunakan remote AC sebenarnya mudah, namun bagi yang sebelumnya tidak memiliki AC tentu saja akan kebingungan bagaimana cara menggunakan nya. Pada artikel kali ini kami akan membahas tombol-tombol yang ada pada remote AC Daikin beserta dengan fungsi nya. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

1. Mode

Tombol ini memiliki fungsi untuk memilih mode apa yang akan kamu gunakan atau operasikan pada AC. Ada tiga mode dalam remote Daikin yang antara lain adalah cool mode, dry mode, dan mode fan only.

2. Temperatur

Tombol ini digunakan untuk mengatur suhu ruangan. Semakin kecil suhu yang kamu atur maka akan semakin dingin pula ruangan tersebut. Begitu juga sebaliknya.

3. Inverter Powerfull Operation

Tombol ini memiliki peran dan fungsi untuk mengaktifkan metode inverter. Inverter ini akan membuat kinerja dari AC menjadi lebih maksimal. Suhu AC akan turun secara otomatis setelah tidak digunakan jika inverter di aktifkan.

pexels.com

4. Low Watt Mode

Tombol ini berfungsi untuk membuat daya listrik menjadi lebih hemat.

5. 24 Hour On Timer

Tombol ini berfunsi untuk mengaktifkan AC selama 24 jam dan akan mati secara otomatis setelah 24 jam itu habis.

6. Comfort Airflow Mode

Tombol ini berfungsi untuk mengatur angin dari AC agar tidak langsung mengenai tubuh ketika AC tersebut di nyalakan.

7. On dan Off

Tombol ini berfungsi untuk menghidupkan dan mengaktifkan AC.

8. Select Fan Speed

Tombol ini berfungsi untuk mengatur kecepatan putaran kipas dari AC ini.

9. Night Set Mode

Tombol ini berfungsi untuk mengatur AC agar tidak terlalu dingin ketika sedang istirahat atau tidur. Karena mode Night Set Mode ini akan membuat angin yang di keluarkan AC tidak terlalu dingin sehingga bisa membuat nyaman.

pexels.com

10. Select Time

Tombol ini berfungsi untuk mengatur AC agar hidup atau mati secara otomatis. Semisal kamu mengatur AC akan dimatikan pada jam 9 malam, maka secara otomatis AC tersebut akan mati pada waktu yang telah di tentukan.

11. Swing

Tombol ini berfungsi untuk mengatur angin yang di keluarkan saat AC beroperasi lebih merata dan menyeluruh ke semua penjuru ruangan tersebut.

12. Cancel Timer

Tombol ini memiliki fungsi untuk membatalkan timer. Semisal kamu awalnya mengatur AC akan mati secera otomatis pada pukul 9 malam namun kamu ingin membatalkan, maka kamu tinggal menekan tombol Cancel Timer tersebut.

13. Set Clock

Tombol Set Clock berfungsi untuk mulai mengatur jam pada AC Daikin agar bisa menyesuaikan dengan waktu yang berlaku pada suatu daerah.

14. Reset

Tombol terakhir dari remote Daikin adalah Reset. Tombol Reset berfungsi untuk menghapus semua pengaturan yang kamu modifikasi sehingga AC tersebut kembali ke setelan default atau setelan pabrik.

pexels.com

Tips Menggunakan Remote AC

Setelah kamu mengetahui semua tombol pada remote AC beserta dengan fungsi dan kegunaannya, berikut akan kami berikan beberapa tips menggunakan remote AC untuk beberapa keperluan. Apa saja tips tersebut? Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

1. Untuk Reset Pengaturan

Berikut ini akan kami berikan cara untuk mereset pengaturan remote agar kembali seperti sedia kala.

– Tekan tombon ON untuk menyalakan mesin AC tersebut.

– Kemudian kamu tekan tombol kecil yang menyelinap pada lubang di remote tersebut. Jika jari mu tidak bisa menjangkau dan menekan tombol tersebut maka kamu bisa gunakan jarum.

– Setelah itu kamu arahkan remote pada AC Daikin tersebut dan tetap menekan tombol reset tersebut untuk beberapa saat.

– Jika sudah maka remote akan kembali ke setelan pabrik.

2. Untuk mengecek kerusakan AC

Remote pada AC ini bisa digunakan untuk mengecek kode kerusakan. Cara mengecek kerusakan AC menggunakan remote adalah sebagai berikut.

– Langkah pertama adalah kamu menekan tombol temperatur.

– Setelah itu kamu cari kode pertama.

– Jika terdengan bunyi BIP dua kali, maka kode 1 di temukan.

– Langkah berikutnya adalah kamu tekan tombol mode untuk mencari kode kedua.

– Jika terdengar bunyi BIP panjang, maka kode kedua telah di temukan.

– kode pertama dan kedua adalah kombinasi huruf dan angka yang menunjukan kerusakan pada AC.

Cara Mengatasi Kerusakan Remote AC Daikin

Ada beberapa kode kerusakan pada AC Daikin ini yang terdapat pada buku petunjuk penggunaan dari AC ini. Berikut akan kami berikan beberapa contoh kode kerusaka AC yang harus kamu ketahui.

– A0, tanda perangkat perlindungan eksternal telah di aktifkan.

– A1, terjadi kerusakan pada unit indoor PCB

– A2, kerusakan pada sistem kontrol yang ada di pembuangan angin.

– A3, terjadi kerusakan akibat pembekuan

– A4, pemanasan terlalu tinggi pada AC.

Selain lima kode diatas, masih ada banyak lagi kode kerusakan yang bisa kamu cek secara lengkap di buku petunjuk penggunaan AC Daikin.

Nah, itulah sekilas mengenai remote control pada AC Daikin. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply