Taman Nasional Bali Barat

Bali menawarkan berbagai macam destinasi wisata sehingga dalam Paket Tour Bali, Kamu biasanya harus memilih beberapa tempat yang akan dikunjungi. Beberapa destinasi wisata tersebut antara lain adalah Pantai, Wisata Sejarah, Air Terjun, Taman Nasional serta masih ada banyak lagi destinasi wisata lain.

Tentang Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat atau biasa di singkat sebagai TNBB merupakan salah satu destinasi wisata di Bali yang bisa kamu kunjungi. Tempat ini merupakan perpaduan antara daratan dengan lautan. Karena di Taman Nasional Bali Barat ini memiliki merupaka sektor pelestarian alam seperti hutan, laut dan pantai, pegunungan, flora dan fauna dan masih banyak lagi.

Luas Wilayah

Taman ini memiliki luas sekitar 77.000 atau luasnya mencapai 10 persen dari pulau Dewata sendiri. Taman ini mencakup dua wilayah kabupaten, yaitu Buleleng dan Kabupaten Jembrana. Lokasi tepatnya dari taman nasional ini adalah berada di ujung paling barat dari Pulau Dewata, yaitu sekitar 2 Km dari kawasan pelabuhan Gilimanuk.

Rute Perjalanan

Jika kamu berada di pusat kota Denpasar dan ingin singgah di taman nasional ini, maka jarak yang harus kamu tempuh adalah sekitar 60 Km dengan memakan waktu perjalanan kurang lebih sekitar 3 jam.

Harga TIket Masuk

Taman ini buka setiap hari mulai dari jam 8 pagi dan tutup pada jam 6 sore. Harga tiket masuk yang berlaku di taman nasional ini adalah sekitar 2.500 ribu untuk wisatawan lokal atau domestik. Sedangkan untuk turis mancanegara tiket masuk yang berlaku sekitar 20 ribu rupiah per orang nya.

Di taman nasional ini ada sekitar 160 hewan dan tumbuhan yang di lindungi. Di taman nasional ini kamu bisa menjumpai hewan dari Bali yang langka dan di lindungi yaitu burung Jalak Bali pada habitat aslinya.

picjumbo.com

Aktivitas di Taman Nasional Bali Barat

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika berada di taman nasional ini. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di taman nasional ini antara lain adalah sebagai berikut :

1. Menikmati keindahan alam

Taman nasional ini berada di ketinggian sekitar 210 sampai dengan 1.144 di atas permukaan laut. Di taman nasional tersebut juga ada beberapa gunung seperti gunung Panginuman, Gunung Malaye, dan juga gunung prapat.

Di taman nasional ini pula ada beberapa pulau kecil seperti pulau menjangan, pulau burung, pulau kalong dan juga pulau gadung. Ada banyak pemandangan alam indah yang bisa kamu nikmati ketika berada di kawasan taman ini.

Keindahan alam tersebut meliputi hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan hujan, evergreen, dataran rendah, river rain forest dan juga savanna. Semua keindahan tempat itu akan memanjakan matamu dan mendamaikan jiwamu.

Selain daratan, di taman nasional ini juga mencakup keindahan di sektor lautan. Ekosistem lautan yang ada di taman nasional ini antara lain adalah coral reef, padang lamun, pantai dengan pasir berwarna putih, laut berwarna biru jernih, baik laut yang dangkal maupun dalam.

2. Melakukan Trekking

Di taman nasional ini kamu bisa melakukan trekking atau berkeliling ke seluruh area taman nasional ini. Paket yang disediakan oleh pihak taman nasional yaitu berkisar selam 3 sampa 4 jam untuk kamu berkeliling ke seluruh area dari taman nasional ini.

Dengan mengambil paket trekking ini kamu akan dapat menyaksikan beberapa satwa langka yang lalu lalang di area taman ini.

Beberapa hewan atau satwa langka tersebut antara lain adalah burung jalak bali, lutung, kijang, monyet ekor satu dan masih ada banyak hewan langka yang bisa kamu jumpai ketika berada di taman nasional ini.

picjumbo.com

3. Melihat penangkaran burung jalak bali

Di taman nasional ini ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya ada melihat tempat penangkaran satwa langka endemik Bali, yaitu Burung Jalak Bali. Memang sedari awal taman nasional ini dibangun memiliki tujuan untuk melestarikan burung langka tersebut.

Maka dari itu, untuk menambah jumlah spesies burung Jalak Bali, taman nasional ini membuat tempat penangkaran dari burung Jalak Bali. Setelah sekiranya burung tersebut siap untuk hidup di alam bebas, maka burung tersebut akan di lepas liarkan di taman nasional ini.

Biasanya burung jalak bali berkumpul di area semenanjung prapat agung. Di tempat itu kamu bisa melihat satwa langka tersebut pada habitat aslinya.

picjumbo.com

4. Melakukan wisata menyelam atau snorkeling

Di taman nasional ini kamu juga bisa melakukan snorkeling atau menyelam. Tempat menyalam di taman nasional ini berada di kawasan pulau Menjangan.

Jika kamu memilih paket menyelam ini, maka kamu akan melihat keindahan bawah laut yang mempesona. Kamu bisa melihat berbagai jenis terumbu karang dan beragam biota laut.

Kamu bisa bermain-main dengan ikan-ikan dengan berbagai macam jenis di dalam laut. Kamu akan merasakan sensasi yang luar biasa dan keindahan laut yang tiada tara ketika melakukan snorkeling di laut pada kawasan pulau menjangan.

Nah, itulah sekilas tentang Taman Nasional Bali Barat atau biasa juga di sebut sebagai TNBB.

Leave a Reply