Atasi Tampilan Membosankan WhatsApp dengan Tema WhatsApp

Dunia komunikasi semakin canggih. Berbagai inovasi marak bermunculan. Salah satunya dalam hal aplikasi chatting yang tentunya bertujuan mempermudah komunikasi. Pada waktu yang lampau saat manusia belum mengenal alat komunikasi bernama telepon, komunikasi dilakukan dengan bertatap muka secara langsung. Seiring dengan kemajuan zaman, komunikasi dapat dilakukan tanpa saling bertemu. Komunikasi dilakukan melalui panggilan seluler atau pesan yang disebut SMS. Syarat berkomunikasi dengan cara ini adalah telepon, pulsa, serta jaringan sinyal agar informasi yang ingin disampaikan oleh komunikator dapat diterima dengan baik oleh komunikan.

Zaman semakin canggih, teknologi semakin berkembang. Telepon model lama mulai ditinggalkan saat jenis alat komunikasi yang lebih canggih menjamah pasar. Smartphone namanya, salah satu barang yang memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak di seluruh penjuru dunia. Sebagian besar pemilik smartphone lebih senang menggunakan aplikasi obrolan yang kemudian disebut aplikasi chatting daripada melakukan panggilan atau mengirim SMS yang memerlukan pulsa. Pada aplikasi chatting, pengguna tidak memerlukan pulsa untuk terhubung dengan pengguna lainnya. Selama pengguna memiliki paket data yang umumnya disebut kuota sebagai pengganti pulsa, komunikasi antara pengguna satu dengan lainnya akan terus berjalan.

Pemanfaatan WhatsApp

Satu dari sekian banyak aplikasi chatting yang terkenal dan memiliki banyak pengguna adalah WhatsApp. Aplikasi berlogo dominan hijau dengan sedikit tambahan warna putih ini merupakan salah satu aplikasi yang perannya sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Ada banyak sekali kegunaan WhatsApp dalam kehidupan, beberapa di antaranya adalah:

  1. Media penyampai informasi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi komunikasi. Dalam menjalankan fungsinya, WhatsApp mampu menyampaikan informasi antara satu pengguna dengan satu atau lebih pengguna lainnya. WhatsApp memiliki fitur broadcast yang dapat digunakan untuk menyebarkan pesan kepada banyak pengguna. Fitur ini yang kadang disalahgunakan sebagai media penyebar hoax di kalangan pengguna, terutama bapak – bapak dan ibu – ibu yang tidak terbiasa mencari tahu mengenai asal – usul suatu info terlebih dahulu.

  1. Media bisnis

WhatsApp selain digunakan sebagai saran penyampai informasi, juga dapat digunakan sebagai media komunikasi antara dua pihak atau lebih yang melakukan transaksi bisnis. Sebagai contohnya adalah pada bisnis online shop yang pada umumnya penjual menggunakan aplikasi berlogo dominan hijau ini untuk dihubungi oleh pembeli. Selain itu, WhatsApp kini telah menyediakan jenis WhatsApp khusus dengan embel – embel kata ‘Bisnis’ di belakangnya.

  1. Media diskusi

Sama seperti beberapa aplikasi chatting lainnya, WhatsApp memiliki fitur untuk membuat grup. Dengan adanya fitur ini, sekelompok orang dapat membuat grup yang dapat dijadikan sebagai tempat diskusi atas suatu hal saat tak ada kesempatan bertatap muka.

  1. Media seminar online

Beberapa pembuat seminar mencoba cara yang unik untuk mengadakan seminar. Mungkin karena banyak orang tidak dapat menghadiri seminar saat jadwal bentrok atau karena malas mendatangi tempat seminar yang mungkin saja jauh atau tidak sesuai ekspektasi, beberapa orang mengadakan seminar online. Salah satu aplikasi chatting yang menjadi basis penghubung antara pengisi seminar dengan peserta seminar adalah WhatsApp. Wah, multi fungsi sekali, bukan?

Nah, itu dia beberapa kegunaan WhatsApp bagi kepentingan sehari – hari. Sangat penting, bukan? Aplikasi yang satu ini juga memiliki fitur gif, emoticon, dan sticker yang memungkinkan penggunanya memiliki percakapan yang lebih menarik dan ekspresif. Selain dapat mengirim pesan, pengguna juga dapat melakukan panggilan suara dan panggilan video bebas pulsa. Namun, seringkali seseorang merasa bosan dengan tampilan WhatsApp yang itu – itu saja. Tampilan yang sama bagi setiap pengguna serta tema yang monoton dapat membuat minat pengguna berkurang.

Bosan dengan tampilan WhatsApp?

 

Untuk mengatasi rasa bosan pengguna terhadap tampilan WhatsApp yang itu – itu saja, pengguna dapat mengganti tema WhatsApp sesuai keinginan seperti dijelaskan oleh berakal.com, loh. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, ada yang perlu melakukan root dan ada pula yang tidak memerlukan root dan ada pula yang dapat dilakukan dengan menginstall aplikasi WhatsApp Plus atau GB WhatsApp. Cara yang dapat digunakan cukup sederhana, bergantung pada aplikasi yang digunakan. Dengan WhatsApp Plus, pengguna dapat menggunakan berbagai macam tema berbeda yang telah disediakan dari pembuat aplikasi WhatsApp Plus. Sedangkan pada GB WhatsApp pengguna dapat menggunakan tema WhatsApp transparan atau tema berbagai warna. Pilih saja! Setelah mengetahui cara – caranya, pengguna tidak akan merasa bosan dan justru merasa tampilan WhatsAppnya.

Nah, begitulah beberapa hal mengenai WhatsApp yang perlu diketahui oleh para penggunanya. Dengan mengetahui fungsi fiturnya, pengguna dapat memanfaatkan WhatsApp semaksimal mungkin. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menjadi pribadi yang lebih produktif jika dapat dengan pintar memanfaatkan aplikasi WhatsApp untuk hal – hal bermanfaat. Maraknya penyebaran pesan broadcast menjadi hal yang perlu diwaspadai oleh para pengguna WhatsApp. Jika pengguna ceroboh dan mudah percaya atas suatu info yang tidak jelas asal – usulnya, bisa saja pengguna tersebut menjadi korban kebohongan, berita bohong, hingga penipuan yang mengatasnamakan pihak penting tertentu seperti BMKG. Maka, tetaplah berpikir kritis dalam setiap hal.

Leave a Reply